Akbar Tanjung [kanan] usai menuerahkan bantuan buku untuk Peputakaan Lafran Pane

Sekaligus syukuran shuting perdana film Berjudul ‘Demi Waktu’ yang merupakan biografi pendiri HMI, Prof Lafran Pane.

Tapsel-Intainews.com:Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam [MN KAHMI], Dr Ir H Akbar Tanjung menyerahkan ribuan buku ke Perpustakaan Prof Lafran Pane sekaligus syukuran shuting perdana film “Demi Waktu” merupakan sejarah biografi Prof Lafran Pane di Desa Pangurabaan, Sipirok, Senin 7 Oktober 2019.

Buku yang diserahkan MN KAHMI 1771 buku dari MD KAHMI 166 buku. Penyerahan buku secara simbolis diserahkan kepada Bupati Tapanuli Selatan [Tapsel], Sumatera Utara, Syahrul M Pasaribu, untuk diberikan ke ke Perpustakaan Prof Lafran Pane.

Ketua Dewan Penasehat MN KAHMI, H Akbar Tanjung mengatakan, Profesor Lafran Pane adalah tokoh nasional sebagai pendiri Himpunan Mahasiswa Islam [HMI] yang telah ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional yang tamat sekolah di Sipirok Tapsel.

“Prof Lafran Pane termasuk alumni pertama Universitas Gajah Mada [UGM] tahun 1953, mendirikan HMI 5 Februari 1947 yang tujuannya adalah untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dan mensejahterakan rakyat Indonesia,” paparnya Akbar.

Sementara Ketua MN KAHMI Dr Herman Khaeron menyebutkan kedatangannya ke Sipirok Tapsel untuk menyerahkan bantuan buku ke Perpustakaan Prof Lafran Pane untuk membalas kebaikan Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, karena telah membangun Perpustakaan Prof Lafran Pane.

Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH menyebutkan ada dua agenda sangat penting yakni menerima bantuan buku dari MN KAHMI beserta rombongan, dan pembuatan film Perjuangan Prof Lafran Pane. “Perpustakaan Prof Lafran Pane akan kita tingkatkan menjadi Perpustakaan Online, dan tahun 2020 sudah dapat di akses melalui android dan sejenisnya.

Dikatakan Syahrul, yang paling penting kami sampaikan seluruh jalan di Komplek Perkantoran Pemkab Tapsel di Sipirok, melalui Perbup Tapsel telah ditetapkan dengan nama Jalan Prof Lafran Pane. *Inc-16