Nagan Raya-Intainews.com:Pada pameran yang dibuka langsung Bupati Nagan Raya, PT Socfindo memperkenalkan 3 varietas unggulan benih kelapa sawit, yaitu varietas Lame, Yangambi dan MT Gano, masing-masing dengan karakter terbaiknya [foto].

Potensi produksi TBS dapat mencapai rata-rata 30-34 ton/ha/tahun, namun hal ini juga sangat dipengaruhi oleh jenis tanah dan cara perawatannya. DxP Unggul Socfindo sudah dapat panen perdana pada tahun kedua setelah tanam. Dengan potensi TBS pada panen perdana dapat mencapai 14-20 ton/ha/tahun.

Khusus petani, Socfindo memberikan kemudahan untuk pembelian benih kelapa sawit, yaitu cukup mengisi formulir, melampirkan fotokopi KTP dan juga fotokopi surat tanah atau surat keterangan kepala desa.

Dokumen-dokument tersebut dapat dikirimkan melalui email, WhatsApp atau langsung diantar ke Kantor PT Socfindo di Medan. Minimal pembelian kecambah untuk petani yaitu 400 biji.

Selain benih, PT Socfindo juga menyiapkan bibit umur 3 bulan [Prenursery]. Lokasi pembibitan ada di daerah Sumatera Utara yaitu di Kebun Bangun Bandar-Serdangbedagai dan Kebun Aek Pamienke, – Labuhanbatu Utara [Labura].

Mendukung program Peremajaan Sawit Rakyat [PSR], PT Socfindo juga telah menyiapkan bibit kelapa sawit siap tanam. Saat ini lokasi pembibitan bibit siap tanam ada di Sumatera Utara yaitu Kebun Bangun Bandar-Serdang Bedagai, Kebun Tanah Besih Tebingtinggi, Kebun Aek Loba dan Padang Pulo-Asahan, Kebun Aek Pamienkep Labura.

Juga PT Socfindo menyiapkan bibit siap tanam di wilayah Provinsi Aceh yaitu Kebun Lae Butar-Aceh Singkil, Kebun Seumanyam-Nagan Raya. Persyaratan dokumen untuk membeli bibit 3 bulan dan bibit siap tanam, sama dengan persyaratan membeli benih. Namun tidak ada batas pembelian minimal untuk bibit prenursery ataupun bibit siap tanam.

Perlu kami informasikan bahwa untuk pembelian benih atau bibit, dipesan langsung ke bagian penjualan benih/bibit Socfindo atau ke kantor PT Socfindo di Medan. PT Socfindo tidak memiliki agen penjualan atau perantara dalam hal penjualan benih/bibit.

Silahkan menghubungi tim penjualan benih/bibit PT Socfindo : Agustiaman Purba [0813 6150 9763 / 0812 6479 7771], Ahmad Suar [0812 6487 625], Hilman Suhadi [0812 6479 7772]. Atau bisa menghubungi kebun PT Socfindo yang berada dekat dengan daerah petani. PT Socfindo tidak pernah menjual benih/bibit melalui toko on line shopping.

Informasi dari Askep Kebun Seumanyam, H Aprianto, saat ini PT Socfindo kebun Seumanyam telah bekerja sama dengan kelompok tani kelapa sawit di desa-desa sekitar kebun sebagai petani binaan. Tahap pertama saat ini memberikan penyuluhan best management practice bagaimana membangun kebun kelapa sawit yang sesuai standar PT Socfindo.

Program CSR untuk masyarakat sekitar kebun juga sudah lama di laksanakan baik untuk perbaikan sarana dan prasarana, sosial keagamaan, pemberdayaan ekonomi, olah raga, pendidikan, dan lainnya. *Inc-09