Ustadz Abdul Somad. Foto Istimewa

Jakarta-Intainews.com:Ustadz Abdul Somad [UAS] ikut menanggapi trailer Film The Santri yang kini tengah menjadi kontroversi di masyarakat. Ulama ini menyoroti salah satu adegan yang terlihat di trailer film garapan sutradara Livi Zheng, yaitu ketika dua santri masuk ke dalam gereja.

Ustadz Abdul Somad menyebut, memasuki rumah ibadah agama lain bagi muslim seperti adegan pada Film The Santri, merupakan perbuatan yang haram. Pernyataan yang dikeluarkan ulama kelahiran Kabupaten Asahan, Sumatera Utara ini merujuk pada Nabi Muhammad.

“Haram hukumnya masuk ke rumah ibadah orang lain. Saya enggak nonton film ini sampai habis, baru nonton trailernya tapi di dalam itu yang bisa saya komentari, masuk ke rumah ibadah karena Nabi tak mau masuk ke dalam tempat yang di dalamnya ada patung berhala.

Maka dalam Islam, Mahzab Syafi’i mengharamkan masuk ke dalam rumah ibadah yang di dalamnya ada berhala,” ujar Ustadz Abdul Somad dilansir dari sebuah video yang dibagikan di saluran YouTube-nya, Rabu 18 September 2019.

Menurut UAS, sebagaimana dilansir Okezone.com, seharusnya masyarakat dapat membedakan sikap toleransi antar agama agar tak terlalu kebablasan. UAS pun menilai para santri atau yang pernah menimba ilmu di pesantren ketika menonton Film The Santri bukan lagi dianggap sebagai santri.

“Jangan karena toleransi mengorbankan keyakinan dan akidah. Dan orang-oranng yang pernah di pesantren ketika menonton itu, ini bukan lagi anak pesantren karena anak pesantren tak begitu,” lanjutnya.