Ustadz Abdul Somad pada Tablight Akbar di Masjid Sibolga

Sibolga-Intainews.com:Ribuan masyarakat menyambut kedatangan Wakil Gubernur Sumatera Utara [Wagubsu] Musa Rajekshah dan Ustadz Abdul Somad [UAS] di Masjid Agung Sibolga, Selasa 10 September 2019, menghadiri Tabligh Akbar memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 H.

Wagubsu mengucapkan rasa syukur kepada Allah Swt, karena dipertemukan lagi dengan masyarakat Sibolga. Karena awalnya tidak ada jadwal untuk kunjungan ke Sibolga. “Awalnya masyarakat di Madina mengundang saya dan UAS dalam perayaan Muharram. Saya sampaikan ke UAS, alhamdulilah bisa,” katanya.

Namun dalam perjalanan, kata Wagubsu, sampai undangan dari Sibolga ke dirinya. Langsung dikomunikasikan dengan Ustadz Somad, apakah bisa. “Dan alhamdulilah, kini saya dan Ustadz Somad hadir di hadapan masyarakat Sibolga,” ujar Musa Rajekshah.

Dalam tausiyahnya Ustadz Abdul Somad menyampaikan keutamaan bulan Muharram, di antaranya puasa Asyura pada 10 Muharram. “Siapa yang puasa sunah Asyura, diampunkan dosanya setahun yang lalu,” ucap UAS.

Momemtum 10 Muharram ini, juga harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk hijrah, yakni meninggalkan hal-hal buruk dan mulai menuji kebaikan. “Hari ini, bertepatan 10 Muharram, ini momen hijrah, pindahnya Nabi Musa dari Mesir ke Palestina melewati Laut Merah. Momen hijrah dari kejamnya Firaun, menuju bebasnya Palestina,” jelas UAS.

Di ujung ceramahnya, UAS kembali mengingatkan pentingnya menjaga persatuan. “Jaga persatuan, sesama Islam disatukan oleh La Ilaha illallah Muhammad Rasulullah. Saudara sesama tanah air, disatukan Pancasila dan NKRI,” tutur UAS.

Hadir dalam acara Tabligh Akbar ini di antaranya Walikota Sibolga HM Syafri Hutauruk, Kakan Kemenag Sibolga Bahrum Saleh, Ketua Umum MUI Kota Sibolga, Ketua NU Kota Sibolga, Ketua Alwasliyah Kota Sibolga, Ketua IPHI Kota Sibolga, Ketua Ikadi Kota Sibolga, Ketua Umum MUI Tapanuli Tengah dan Ketua IPHI Tapanuli Tengah. *Inc-03