Kepala Balitbang Provsu Ir H Irman MSi, Dr Ir Iding Chairdir MSc dari Kemenristek Dikti serta Ketua DRDSU Prof Harmein Nasution MSIE serta peserta diabadikan bersama

Medan-Intainews.com:Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara [Sumut] dan Dewan Riset Daerah [DRD] akan mengembangkan aplikasi E Research and development [E R&D]. Hal itu dilakukan untuk memudahkan para peneliti mengirimkan hasil risetnya dan menjadi referensi mewujudkan Sumut Bermartabat.

Tim Direktorat Kawasan Sains Tecno Park dan Lembaga Penunjang Lainnya Kemenristek Dikti Dr Ir Iding Chairdir MSc menyambut baik dan mengapresiasi program yang akan dilaksanakan Balitbang Provsu dan DRDSU.

“Bagus itu, dan saya dengar Sumut akan memiliki aplikasi E R&D E. Sumut sangat inovatif. Ini yang pertama di Indonesia, kecuali di Kemenristekdikti,” ujar Iding Chairdir.

Dia mengatakan hal itu seusai acara Ekpose Akhir Kegiatan Revisi ARD dan Pengembangan Rancangan Awal E-R&D serta Bimtek Penyusunan ARD Kabupaten/kota di Sumut, 5-6 September 2019 di Hotel Grand Dhika, Jalan Dr Mansyur Medan, yang dihadiri Balitbang/DRD kabupaten/kota di Sumut.

Menurut Iding, selama ini Balitbang daerah tidak memiliki data base mengenai riset sehingga saat melakukan penelitian tidak mengetahui apakah pernah dilaksanakan. “Kalau dengan E Research tinggal klik dan ada kata kuncinya, maka akan muncul jika sudah pernah diteliti,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Balitbang Provsu Ir H Irman MSi mengatakan dengan aplikasi E Research and Development seluruh stakeholder diminta mengirimkan hasil-hasil penelitiannya secara terpusat.

Ketua DRDSU Prof Ir Harmein Nasution MSIE menyebutkan, DRD wadah koordinasi yang ideal antara akademisi, bisnis dan pemerintah. “Selama ini jalan sendiri-sendiri, tapi dengan wadah DRD bisa saling berkoordinasi mengintegritaskan kegiatan-kegiatan sehingga hasilnya akan lebih bagus,” tegasnya. *Inc-04