Bupati Srgai Soekirman saat menjadi narasumber

Sergai-Intainews.com:Kabupaten Srdangvedagai [Sergai], Sumatera Utara memiliki potensi yang menjanjikan, seperti pariwisata, pertanian, perikanan, industri dan infrastruktur lainnya. Sebagian besar telah dikelola BUMDesa maupun kemitraan pada program PIID PEL dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Hal itu dikatakan Bupati Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara, Ir H Soekirman saat diundang sebagai narasumber di kegiatan Rapat Asoaiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia [Apkasi] di Jakarta, Jumat 6 September 2019. Selain Soekirman, juga diundang sebagai narasumber Bupati Banyuwangi, Jawa Timur Abdullah Azwar Anas, selaku Ketua [Apkasi] dan Bupati Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat Dr H Najmul Akhyar, SH, MH.

Kegiatan tersebut bertujuan membangun model pengembangan ekonomi lokal berbasis kemitraan antara Kelompok Usaha Ekonomi Masyarakat Desa [KUEMD], BUMDesa dan Pekaku Bisnis Profesional [PBP].

Menurut Soekirman, model yang dihasilkan dapat didiseminasikan dan direplikasi oleh desa-desa lain dengan penggunaan dana desa sebagai sumber investasi, percepatan, pengakhiran dan keberlanjutan program.

Ada 117 desa se Indonesia yang mendapat bantuan dari Kemendes Daerah Tertinggal dan Transmigrasi [PDTT]. Untuk Sergai, yaitu Desa Melati II Kecamatan Perbaungan dan Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis. “Jika ingin meningkatkan pendapatan desa, maka potensi desa yan harus digali dan ditingkatkan inovasinya,” ungkap Soekirman.

Dijelaskannya, keberhasilan itu tentu dibarengi dengan pola menejemen yang baik yaitu planning, organizing, actuating dan controling. Dia mengusulkan harus ada 2 “I” yaitu ide dan inisiatif. Untuk mewujudkan 2 I tersebut tentu harus ada peningkatan SDM bagi jajaran yang ada di pemerintahan desa sekaligus masyarakatnya.

Sementara Kadis PMD H Ikhsan menyebutkan, terpilihnya Desa Melati II karena desa ini memliki usaha peternakan sapi dan kambing. Sedang Desa Buluh Duri karena pengembangan pengelolaan wisata arung jeram Sei Bahbolon yang sudah terkenal pada tingkat nasional. *Inc-14

  • Bagikan berita ini