Walikota Siantar Herfiansyah saat sosialisasi SP4N LAPOR

Siantar-Intainews.com:Dinas Komunikasi dan Informatika [Diskominfo] menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional [SP4N]-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat [LAPOR] di lingkungan Pemerintah Kota [Pemko] Pematangsiantar.

Sosialisasi digelar di Gedung Serbaguna kantor Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pembangunan Daerah [Bappeda], Rabu 4 September 2109. Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM mengatakan SP4N LAPOR merupakan aplikasi nasional, hasil kerjasama antara Kantor Staf Presiden, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi [Kemenpan RB], serta Ombudsman Republik Indonesia.

Tujuannya, memfasilitasi masyarakat Indonesia dalam melaporkan hal-hal berkaitan dengan pelayanan publik diselenggarakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Menururt Herfiansyah, secara resmi terhubung secara nasional dengan Kemenpan RB, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman RI melalui aplikasi ini.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Abyadi Siregar mengapresiasi komitmen Pemko Pematangsiantar yang begitu cepat prosesnya dalam pelaksanaan aplikasi SP4N LAPOR. Terbukti, Pemko Pematangsiantar sudah memiliki SK, akun, dan terhubung. Kerja berikutnya, Pemko Pematangsiantar supaya berintegrasi dengan OPD-OPD.

Kepala Diskominfo Siantar Posma Sitorus SH menjelaskan, kegiatan ini untuk mensosialisasikan tugas-tugas admin OPD, memberikan pembekalan teknis tentang tata cara pengelolaan laporan. Di akhir acara, Hefriansyah didampingi Abyadi Siregar, Posma Sitorus, dan Plt Kepala Inspektorat Eka Hendra menyerahkan secara simbolis SK admin OPD. * Inc-01