Yasosna Laoly [tengah] terlibat pembicaraan serius dengan Edy Rahmayadi di Bandara Binaka Gunungsitoli

Nias-Intainews.com:Persiapan pelaksanaan Sail Nias 2019 terus dipacu. Pembangunan barbagai infrastruktur dan fasilitas pendukung pun dikebut dan segera dirampungkan, agar event bertaraf internasional ini berlangsung sukses dan berhasil mendatangkan ribuan wisatawan.

Untuk memastikan itu, Rabu 4 September 2019, Ketua Sail Nias 2019, Menteri Hukum dan HAM [Menkumham] Yasosna Laoly, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi [PDTT] Eko Putro Sandjojo kembali meninjau persiapan di sejumlah lokasi Sail Nias akan digelar.

Kedatangan Menkumham dan Menteri PDTT disambut Gubernur Sumatera Utara [Gubsu], Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur [Wagubsu] Musa Rajekshah di Bandara Binaka, Kota Gunungsitoli.

Selanjutnya, rombongan Menkumham meninjau Gedung VIP Bandara Binaka. Selain itu tampak beberapa bagian seperti paving block, selasar teras dibongkar dan dibenahi.
“Sudah kita lakukan, melakukan pembongkaran paving block dan selasar teras, supaya resapan air masuk ke dalam tanah,” kata Musa Rajekshah.

Peninjauan diteruskan ke Pelabuhan Teluk Dalam, tempat acara puncak Sail Nias 2019. Rombongan melakukan rapat dipimpin Menhumkam Yasonna Laoly yang dihadir para bupati se-Kepulauan Nias, Forkopimda Nias dan berbagai pihak terkait lainnya.

Yasonna Laoly meminta agar persoalan infrastruktur menjadi prioritas untuk segera dirampungkan. Jalan yang masih berlubang agar segera diperbaiki dan menjalin koordinasi dengan unsur Forkopimda guna mempercepat pengerjaannya. “Ini semua harus dirampungkan sesegera mungkin, jangan lagi menunggu-nunggu,” ujarnya.

Sail Nias 2019 ini akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo pada acara puncak, Sabtu 14 September 2019. Sedikitnya 500 penari Tari Fataele atau [tari perang] siap memeriahkan acara puncak Sail Nias, sekaligus dipersiapkan tarian penyambut kedatangan Presiden Joko Widodo.*Inc-03

  • Bagikan berita ini