Tim Ekspedisi Kas Keliling saat mensosialisasikan beda uang palsu dan asli

Sergai-Intainews.com:Tim Ekspedisi Kas Keliling Kepulauan Terluar, Terdepan, dan Terpencil [3T] Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Utara, memberikan sosialisasi tentang uang rupiah dan ciri-ciri keaslian uang, di Pulau Berhala, Kabupaten Serdangbedagai [Sergai] Sumatera Utara, Minggu [1/9).

Tim Ekspedisi Kas Keliling menggunakan kapal KRI Lemadang 632 dengan Kapten Kapal Mayor Laut [P] Pungki Kurniawan, tiba di Pulau Berhala setelah melakukan perjalanan selama 22 jam dari Pulau Nasi, Provinsi Aceh. Setelah turun jangkar, tim menggunakan perahu karet dan sekoci menuju pulau Berhala.

Tim dipimpin Kepala Rombongan Syamsul Bakti dan dikawal anggota TNI Angkatan Laut disambut Danton Satgas Pengamanan Pulau Terluar [Pamputer] Pulau Berhala, Letnan Dua Infantri Frans Aritonang dan anggotanya.

Kepala rombongan Tim Ekspedisi, Syamsul Bakti mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab BI untuk menghadirkan dan menyediakan kebutuhan rupiah di daerah terpencil, termasuk Pulau Berhala yang merupakan pulau 3T.

Dia mengatakan, memang selama ini belum pernah terjadi di sini, namun ini merupakan upaya BI untuk melakukan tindakan preventif [pencegahan] atau antisipasi, sehingga para aparat penjaga pulau terluar ini bisa faham dan mengetahui tentang ciri-ciri uang palsu atau uang asli.

Danton Satgas Pamputer Pulau Berhala, Letnan Dua Infantri Frans Aritonang sangat menyambut baik kunjungan Tim Ekspedisi Kas Keliling BI tersebut. Bahkan para anggota TNI sangat antusias menerima penjelasan tentang keaslian uang rupiah yang disampaikan salah seorang tim, Rizky Ananda dan Kepala Rombongan Syamsul Bakti.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Tim Ekspedisi dari BI untuk memberikan sosialisasi tentang uang rupiah. Karena pulau terluar ini berpotensi dimanfaatkan untuk transaksi peredaran uang palsu yang masuk di wilayah NKRI,” jelas Frans Aritonang. *Inc-03