Jakarta-Intainews.com:Minggu pagi, penikmat masyarakat yang ingin berolahraga disuguhi konser masyarakat Papua yang digelar persis di depan Polsubsektor Thamrin. Pantauan Kataindonesia.com, Minggu 1 September 2019, peserta dari masyarakat beberapa di antaranya  mengenakan pakaian khas dan identik  Papua meski tidak memiliki darah keturunan.

Mereka turut menyemarakkan acara tersebut. Suasana Car Free Day di Bundaran HI sendiri sudah ramai sejak pukul 06.00 WIB. Masyarakat terpancing riuh irama lagu bernuansa reggae.

Mereka banyak memilih untuk mengabadikan momen acara tersebut. Meski belum sepenuhnya dimulai, penikmat CFD sudah asyik meminta peserta konser untuk berfoto bersama. Nampak terlihat juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto ikut meramaikan konser Papua di Car Free Day (CFD) di Bundaran HI.

Menkopolhukam Wiranto terlihat bergaya ala Papua. Di pipi kanan dan kirinya tergores dua garis bermotif merah putih. Kepalanya disemati hiasan dari bulu burung khas Papua. Sepanjang lagu, Wiranto juga berjoget mengikuti irama musik, bergerak maju mundur mengentakkan kaki.

“Ayo kita menari dan menyanyi. Saya dulu nyanyi, Apuse,” katanya di atas panggung. Dalam pidatonya, Wiranto mengajak pengunjung CFD dan konser Papua untuk menyanyi dan berjoget bersama. Mantan Menteri Pertahanan/Panglima ABRI ini memulai dengan menyanyikan lagu Apuse.

Setelah selesai bernyanyi dan berjoget bersama, dia mengklaim kondisi di Papua dan Papua Barat saat ini sudah mulai damai. Dia pun merasa bersyukur akan hal itu. “Sudah kondusif, semua wilayah sudah damai, toko-toko sudah buka, kehidupan sudah berjalan pagi.” Kata Wiranto.

Dirinya juga menyatakan terima kasih karena menurutnya masyarakat Papua dan Papua Barat sudah kembali bersaudara dengan Indonesia. Dia mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga persaudaraan Indonesia, dari Aceh hingga Papua. *Inc-04