Dari kiri ke kanan, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Wakil Gubernur Musa Rajaechshah, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Walikota Medan Dzulmi Eldin

Medan-Intainews.com:Usai menjadi Inspektur Upacara [Irup] peringatan HUT RI ke7, Edy Rahmayadi mempertegas rencana pengembalian fungsi Lapangan Merdeka sebagai tempat hiburan bagi rakyat. Sehingga peruntukannya juga perlu dikembalikan kepada sejatinya sebuah lapangan yang ‘merdeka’.

“Tempat ini memang harus kita desain kembali menjadi tamannya rakyat. Tempat ribuan orang mendapatkan hiburan di sini. Saya minta dukungan masyarakat, ini adalah tempat rakyat. Lapangan Merdeka harus ‘Merdeka’,” sebutnya.

Peringatan HUT RI di Lapangan Medeka Medan, ternyata punya kebanggaan tersendiri bagi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Menurutnya, lapangan kebanggaan rakyat itu, harus benar-benar ‘merdeka’.

Gubernur dan wakilnya, Ketua DPRD Sumut, Walikota Medan serta para ibu menari bergembira usai peringatan HUT RI ke-74

“Ini merupakan kebanggaan pribadi bagi saya. Karena sebelumnya [puluhan tahun lalu], saya jadi komandan upacara, Irupnya saat itu Pak Tengku Rizal Nurdin. Ini terkesan sekali sama saya, yang merasakan sekali bahwa saat itu saya seperti sekarang ini,” ujar Gubernur ditemui usai menjadi Irup Peringatan Hari Ulang Tahun [HUT] ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia [RI] di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu 17 Agustus 2019.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mencium sayang kening  seorang anak

Terkait soal tema Kemerdekaan RI tahun ini, yakni Menuju Indonesia Unggul, Edy, meyakini Sumut adalah provinsi yang pantas diunggulkan. Sehingga bukan soal pribahasa ‘hari ini lebih baik dari hari kemarin’, namun menurutnya Sumatera Utara harus lebih baik dari yang lain.

Sementara Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah memberikan pesan kepada seluruh masyarakat khususnya para generasi muda sebagai gengerasi penerus. Harus bisa memaknai kehidupan berbangsa dan bernegara yang kemerdekaanya telah diperjuangkan para pahlawan pendahulu.

Dirinya juga berpesan kepada mahasiswa di Sumut, untuk menujukkan sikap toleran serta menjadi generasi terdepan yang tidak lagi mepersoalkan perbedaan. * Inc-03