Sekdakab Tapsel Parulian Nasution

Tapsel-Intainews.com:Badan Pusat Statistik [BPS] Tapanuli Selatan [Tapsel], Sumatera utara laksanakan Focus Group Discussion [FGD] 2019 dan Data Statistik Sensus Penduduk 2020. Acara dibuka Sekdakab Tapsel Parulian Nasution di Aula Torsibohi Nauli Hotel Sipirok, baru-baru ini.

Parulian mengatakan saat ini kita tidak bisa lepas dari Sistem Statistik Nasional [SSN], karena semua pihak diharapkan mampu menyelenggarakan statistik. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan lapangan, pengolahan dan analisa data serta mendiseminasikan kepada publik.

“Oleh sebab itu, kedepannya para statistisi dan pengguna data harus ada koordinasi, integrasi, sinkronisasi statistik antara BPS, stakeholder dan pengguna data. Sebagaimana Perpres RI Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia,” ungkapnya.

Parulian berharap, melalui FGD para peserta dapat berkontribusi aktif mengevaluasi data sektoral yang dihasilkan dan jika memang masih meragukan jangan sungkan untuk meminta pendapat dari pihak lain terutama BPS.

Kegiatan ini diikuti 80 orang peserta terdiri dari OPD Tapsel 55 orang, instansi vertikal BUMD/BUMN 10 orang, BPS Tapsel 10 orang dan narasumber/moderator 5 orang. *Inc-16