Medan-Intainews.com:Perusahaan PT BUMI Resources Tbk menyelenggarakan seminar bekerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia [HIPMI] Sumut. Ada lebih dari 100 investor, analis dan fund manager yang hadir pada perhelatan yang digelar, Sabtu [3/8/2019] di JW Mariott Hotel, Medan [foto].

Seminar bertajuk The Present and Future of Bumi Resources, Indonesia’s Largest Coal Producer. Direktur Utama BUMI Saptari Hoedaja mengatakan acara tersebut sesuai dengan inisiatif BUMI untuk berinteraksi langsung dengan investor lokal.

“Ini juga sekaligus mendukung program pemerintah ‘Yuk Nabung Saham’ yang pertama kali diluncurkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Jusuf Kalla pada tahun 2015,” ungkap Saptari Hoedaja.

Sebagai produsen batubara termal terbesar di Indonesia, BUMI berkomitmen untuk terus mendidik masyarakat untuk berinvestasi di saham. “Perusahaan juga memiliki kepedulian dalam memberikan edukasi lebih lanjut bagi mereka yang telah membuka rekening efek di pasar modal dengan terus mengadakan seminar, pelatihan dan kegiatan penjangkauan dan menyuguhkan informasi terkini
seputar BUMI,” ungkap Saptari Hoedaja.

Di sisi lain, BUMI juga menyoroti kinerja serta potensi perusahaan, dan menunjukkan posisinya sebagai perusahaan hijau (green company) melalui dua anak perusahaan batubara kelas dunia di Kalimantan yang diakui secara nasional dan internasional.

Komitmen Kuat 

BUMI tidak hanya sebagai aset nasional yang berharga, tetapi atas kontribusinya terhadap kas negara, ESG, penghijauan, tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG) dan keunggulan teknis.

BUMI juga menyampaikan Perseroan telah memperkuat prinsip GCG untuk menjadi
produsen batubara kelas dunia yang tidak tertandingi. “Kami mengaku berbahagia menjadi penyelenggara pertemuan ini dan berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan investor lokal,” ungkap Saptari.

Hal itu, sambung Saptari, menunjukkan komitmen BUMI untuk mendukung bursa dan memberikan kesempatan bagi BUMI untuk menyuguhkan informasi terkini seputar BUMI. “BUMI telah mengadakan pertemuan investor dan paparan publik di Surabaya, Bandung, Malang, Balikpapan dan Yogyakart,” kata Saptani.

Dan, tambahnya, berencana untuk mengadakan pertemuan berikutnya dengan Investor di daerah lain di tanah air. Ini komitmen kuat untuk mendukung Komunitas Investasi di Indonesia,” tegas Saptari.

Menaruh Harapan Tinggi

Sebagai corporate citizen, BUMI memiliki tanggungjawab tinggi dan memberikan kontribusi tertinggi kepada kas negara. BUMI juga menerima berbagai penghargaan bergengsi atas pembayaran royalti tertinggi di antara wajib pajak terbesar dan penyumbang devisa ekspor terbesar di tanah air.

Perseroan juga diakui sebagai perusahaan dengan standar kelas dunia dalam hal tata kelola, CSR, keselamatan, kesehatan dan lingkungan, polusi dan keberlanjutan. “Baru-baru ini BUMI memenangkan penghargaan sebagai Perusahaan Bisnis Penambangan Terbaik di Indonesia yang mengacu pada UNGP (Prinsip Panduan PBB),” tukas Saptari Hoedaja.

Di tempat yang sama, Muhammad Iqbal Harahap dari perwakilan HIPMI Sumatera Utara mengatakan BUMI Resources merupakan aset nasional yang sangat berharga dengan cadangan batubara yang sangat besar.

“Kami menaruh harapan tinggi kepada BUMI untuk terus berkontribusi kepada bangsa dan rakyat Indonesia. HIPMI Sumatera Utara sebagai pelaku Young Entrepreneurship Institution memiliki anggota lebih dari 1.500 orang sangat antusias bisa terlibat dalam acara ini, “ tukas Iqbal.

Sebelumnya BUMI juga mengadakan talkshow di stasiun radio Smartfm Medan pada 2 Agustus 2019 guna menyampaikan perkembangan perusahaan dan opsi investasi. *Inc-03