Sutopo Nugroho. Foto Istimewa

Jakarta-Intainews.com:Lelaki yang kelihatan gigih menjalankan tugasnya, akrab disapa Pak Topo akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya Minggu 7 Juli 2019 di Guangzhou, China.

Kabar duka disampaikan oleh putra tercinta, ivanka rizaldy melalui akun Instagramnya @ivanka_rizaldy. “Innalilahi wainna ilaihiraji’un. Semua yang bernyawa hanyalah titipan dari Allah Yang Maha Kuasa. Malam ini telah berpulang ke Rahmatullah seorang pahlawan dan ayahanda tercinta saya, Sutopo Purwo Nugroho saat menjalani pengobatan di Guangzhou, Cina.

Bagi semua sahabat dan keluarga mohon sebesar-besarnya untuk memaafkan semua kesalahan Pak Sutopo sengaja maupun tidak sengaja. Mari mendoakan Almarhum Pak Sutopo agar selalu diterima disisi-Nya dan diterima amal ibadahnya. Aamiin,” tulisnya.

Sejak kabar tersebut beredar, media sosial Twitter menjadi sasaran para warganet untuk mengucapkan belasungkawa terhadap semua jasa Sutopo Purwo Nugroho yang menjabat Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau Pusdatin BNPB.

“Innalillahi wainaillaihi rajiun. Saya selalu percaya & kerap menasehati diri sendiri “hidup cuma sekali, buat itu berarti”. Hari ini saya mendapat kabar seseorang yg telah membuat banyak arti pulang kepangkuan Ilahi. Selamat Jalan Pak Topo. Terimakasih inspirasinya #Rip Sutopo,” cuit akun @kharasaurus.

Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun, turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Sutopo, yang di setiap kejadian bencana alam wajahnya sangat familiar. Selamat jalan Pak.. Jasamu akan selalu dikenang #ripsutopo,” ungkap @lubnaalaydrus.

Ucapan belasungkawa juga mengalir dari para tokoh politik. “Innalillahi Wainailaihi rajiun…..selamat jalan Bapak @Sutopo_PN semoga kau berada tenang di sana. Jasamu untuk kebencanaan di negeri ini luar biasa. #ripsutopo,” tweet dari @riekediahp. “Tweeps,

Innalillahi wa innaillaihi roji’un, Telah Wafat Kepala Pusat Data &Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Almarhum meninggal Minggu dini hari (07/7) tadi di Guangzhou, Tiongkok. Semoga diterima disisi Allah Swt, Selamat jalan Pak Topo …,” ucap dari @KRMTRoySuryo2.

Innalilahi wa Inna ilaihi Roji’un. Luar biasa pengabdian pak @Sutopo_PN pada negara, banyak kebaikan2 sang Pejuang Bencana utk rakyat Indonesia. Semoga husnul khotimah di tempat yg mulia disisiNya …Aamiin.

#ripsutopo,” duka dari @MardaniAliSera. Seperti diketahui, Mengutip Twitter Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB Sutopo Purwo Nugroho meninggal pukul 02.00 waktu Guangzhou. Ia didiagnosis kanker paru-paru sekitar Desember 2017. Sutopo Purwo Nugroho berada di Guangzhou dalam rangka menjalani pengobatan. *sc