Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto selalu tampil dengan baju loreng TNI. Foto Istimewa

Jakarta-Intainews.com:Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto selalu tampil dengan baju loreng TNI atau yang disebut dengan pakaian dinas lapangan (PDL). Jarang Panglima tampil dengan pakaian dinas harian (PDH). Termasuk untuk acara di istana atau laporan kenaikan pangkat para perwira tinggi.

Panglima TNI mengaku memiliki alasan sendiri. Menurutnya menggunakan baju loreng menunjukkan integrasi tiga angkatan darat, laut dan udara. “Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan,” kata Hadi seperti ditulis di situs resmi TNI.


Jokowi Buka Puasa Bersama dengan TNI/POLRI didampingi Panglima TNI. Foto Istimewa

Anggota Komisi I DPR, Mayjen Purnawirawan Supiadin Aries Saputra beberapa waktu lalu sempat menanyakan hal ini. Menurutnya masing-masing pakaian dinas ada peruntukannya. Supiadin menjelaskan, PDL loreng hanya digunakan saat latihan atau siaga dalam tugas-tugas di lapangan.

Namun Politikus NasDem ini juga menduga alasan Marsekal Hadi lebih senang menggunakan pakaian PDL loreng karena mau mengesankan dirinya milik semua matra yang ada di TNI. * mdc