Lembaga Pemasyarakatan, pasca kerusuhan. Foto.Istimewa

“Saya akan melakukan dialog secara langsung dengan warga binaan Lapas Langkat, menampung aspirasi mereka,” kata Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami

Medan-Intainews.com:Kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Langkat, Sumatera Utara pasca kerusuhan yang diwarnai pembakaran mobil dan sepeda motor, serta larinya napi, sudah kondusif, Jumat 17 Mei 2019.

Informasi dihimpun Intainews.com, Jumat 17 Mei 2019, sebelumnya, Kamis (16/5) siang, terjadi kerusuhan di Lapas Langkat, diawali saat terjadi penangkapan oleh petugas terkait narkoba di salah satu blok. Para napi mengamuk setelah petugas melakukan razia.

Ratusan napi menjebol bangunan lapas kemudian merusak serta membakar mobil dan sepeda motor yang parkir, kemudian ratusan napi melarikan diri. Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan menjelaskan di dalam lembaga pemasyarakatan tersebut terdapat 1.600, di antaranya 215 merupakan tahanan perempuan.

Hampir 500 personel TNI-Polri dikerahkan untuk menjaga Lapas Langkat setelah kerusuhan. Dari ratusan napi yang melarikan diri, diinformasikan 98 napi telah berhasil ditangkap, dan bagi yang kembali masih diburu personel polisi.

Menurut Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami, saat ini tahanan telah kembali ke sel masing-masing secara sukarela dan tertib. Dia berjanji akan datang pada Jumat (17/5) untuk mendengarkan keluhan para napi.

“Saya minta mereka tetap tenang dan kembali ke blok masing-masing. Saya dan jajaran akan melakukan dialog secara langsung dengan warga binaan Lapas Langkat, menampung aspirasi mereka,” kata Utami kepada wartawan. *Inc-04