Saat api mulai membakar mobil dan Lapas. Foto Istimewa

Langkat-Intainews.com:Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Hinai di Simpang Ladang, Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, rusuh dan terbakar, Kamis 16 Mei 2019 sekira pukul 13.45 WIB.

Kepala Trantib Lapas Narkotika Langkat, Sunardi mengatakan kepada wartawan, napi yang kabur diperkirakan mencapai 500 orang dari jumlah 1.600 napi.”Ditaksir yang lari (kabur) itu ada 500 orang lebih. Kita tidak bisa dekat, di luar Lapas banyak orang itu,” katanya.

Sebelumnya ratusan narapidana dan tahanan yang ada di Lapas Narkotika membakar sejumlah tempat di gedung Lapas. Membakar kendaraan mobil maupun sepeda motor. Pada saat api berkobar di tengah kerusuhan tersebut, ratusan napi melarikan diri.

Mulanya napi berbaur dengan masyarakat di depan Lapas sebelum melarikan diri.. Foto Istimewa

Informasi dihimpun Intainews.com, kerusuhan diawali sipir memukul napi dan napi lainnya tidak senang lalu membakar apa saja. Setelah api berkobar napi melarikan diri dari pintu utama. Kepolisian melakukan pengawalan ketat di pintu masuk perbatasan Langkat-Aceh, Langkat-Binjai dan arah menuju Kota Medan.

Kepala Trantib Lapas Narkotika Langkat Sunardi menyebut, para napi mulanya berkumpul di depan gedung Lapas. Saat Api membesar di lokasi tersebut, napi berlarian meninggalkan lapas. Menrutnya, petugas tidak bisa mendekat ke gedung Lapas untuk melakukan upaya keamanan.

Dikatakan warga sekitar, para sipir di Lapas umum telah mengamankan beberapa orang tahanan atau napi yang kabur. Sementara personel Polres Langkat terus melakukan sweeping. *Inc-04