Gunungsitoli-Intainews.com:Puluhan pelaku wisata yang ada di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara dilatih tentang tata kelola destinasi wisata. Pelatihan dilakukan Pemerintah Kota Gunubgsitoli melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli selama tiga hari di Grand Kartika Resto, Jalan Yos Sudarso, Kota Gunungsitoli.

Pada pembukaan pelatihan yang diikuti pemilik hotel, restaurant, biro perjalanan, pemilik destinasi wisata dan kelompok sadar wisata digelar di Kota Gunungsitoli, Rabu 15 Mei 2019.

Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Ir Agustinus Zega mewakili Walikota mengatakan jika potensi pariwisata yang ada di Kota Gunungsitoli sangat memungkinkan untuk dikelola lebih lanjut.

Menurut dia potensi wisata yang ada di Kota Gunungsitoli dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk meningkatkan daya tarik dan daya saing destinasi wisata yang ada di Kota Gunungsitoli, sangat dibutuhkan sumber daya manusia pengelola yang profesional.

Sehingga Pemko Gunungsitoli melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan memberikan pelatihan tentang tata kelola destinasi wisata kepada pelaku wisata yang ada di Kota Gunungsitoli. “Pelatihan yang diberikan adalah tentang arah kebijakan dan strategi peningkatan kompetensi sumber daya manusia bidang pariwisata,” terangnya.

Narasumber pada pelatihan yang dihadiri sekitar 50 orang pelaku wisata yaitu Ketua DPD Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia, pengurus daerah Sumatera Utara Mercy Panggabean.

Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia, pengurus daerah Sumatera Utara Dewi Juwita Purba serta tokoh pariwisata Kota Gunungsitoli Yasokhi T Harefa dan Baziduhu Zebua. *Inc-12