Rutan Siak Pekanbaru hangus terbakar 90 perse. Foto Istimewa

Pekanbaru-Intainews.com:Rumah tahanan (Rutan) kelas II B Siak Sri Indrapura, Riau, mengalami kebakaran. Kebakaran dipicu keributan rutan sekira pukul 02.00 WIB. Informasi diterima Intainews.com, Sabtu 11 Mei 2019, kondisi Rutan 90 persen rusak dan tidak layak untuk ditempati tahanan.

Jumlah tahanan 600 orang, dan 40 tahanan dikabarkan melarikan diri. Para napi ditempatkan di rutan-rutan terdekat di wilayah tersebut. Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto membenarkan mengenai insiden tersebut.

Hingga saat ini, tahanan yang melarikan diri sebagian besar sudah kembali, namun dia belum bisa menjelaskan lebih jauh mengenai kronologi kejadian. “Iya, baru informasi itu aja. Pukul 2 informasinya,” ujar Sunarto.

Para tahanan yang melarikan diri saat kebakaran, sebagian besar yang melarikan diri sudah berhasil ditangkap. Hanya sebagian kecil yang belum kembali. Petugas meminta bantuan masyarakat apabila melihat orang-orang yang terindikasi napi untuk melaporkan pada petugas.

Informasi terbaru diawali dengan petugas yang memukul seorang napi. Tahanan lainnya tidak senang, lalu berteriak dan terjadi kerusuhan, berikut muncul api membakar hangus 90 persen rumh tahanan. *Inc-06