Gubsu Edy mencicipi kopi dan buat sendiri

“Kopi Lintong dari Sumut, di Paris disebut dari Thailan. Ini harus dirumuskan,” kata Gubsu

Medan-Intainews.com:Bazar dan Festival Kopi Sumatera Utara (Sumut) 2019 menambah kemeriahan perayaan (HUT) ke 71 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tanggal 15 April 2019. Festival kopi digelar, Sabtu 27 April 2019 di halaman Kantor Gubernur Jalan Pangeran Diponegoro 30 Medan.

Bazar dan Festival Kopi yang dibuka Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, diawali pertunjukan tarian Memanen Kopi. Dilanjutkan pembukaan Bazar ditandai bersulang minum kopi bersama (Toast Coffee) oleh Gubernur dan sejumlah pimpinan OPD Pemprov Sumut.

Sementara pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumut yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi. Gubernur sangat kagum akan keragaman kopi Sumut. Menurutnya, Sumut merupakan salah satu tempat terbaik menanam kopi kelas dunia. Kopi di Sumut kaya, ada Kopi Lintong, Mandailing, Sidikalang, Sipirok dan Kopi Tarutung.

Bersulang minum kopi bersama (Toast Coffee) dengan Gubernur Sumut

“Saya pernah mencicipi Kopi Lintong di Paris, tapi orang sana bilang Kopi Lintong itu dari Thailand bukan dari Sumut, itu yang harus kita luruskan, karena Sumut adalah salah satu tempat menanam kopi kelas dunia,” ujar Gubernur.

Dalam Festival Kopi kali ini, ada puluhan stand yang menjajahkan beragam jenis kopi dari Sumut. Antara lain Sibadak Coffee, Soba Coffee, Polbangtan, Saabas Coffee, Lopo Coffee, Pucako Cofee, Petrasa, Kopi Keppas, Sidikalang Coffee, Hendra Boraspati, Odaiba Coffee, Kopi Onan Ganjang, Batak Coffee, IKM Kopi Agsi, Kopi Lapang, PDM Coffee, Ondo Coffee, Kopi Dokan, Kopi Ramlan, Milala Sembekan Dua dan Voila coffee.

Saat meninjau pameran kopi, Gubernur pun mencoba satu demi satu kopi yang disuguhkan. Ketika berhenti di stand Kopi Lopo Coffee, Gubernur sempat mencoba menyeduh kopi dengan cara manual brew, di samping sang istri Nawal Lubis pun menyemangati. “Kalau udah soal kopi ini lah kesenangan bapak (Edy Rahmayadi) ,” ujar sang istri Nawal Lubis. *Inc-03