WNI di Australia ngantre mengular untuk mencoblos. Foto Istimewa

Melbourne-Intainews.com:Pemungutan suara melalui TPS KJRI Melbourne, Australia dilakukan pada Sabtu 14 April 2019, bertempat di 72 Queens Road Melbourne Vic 3004. Ribuan diaspora WNI pun terlihat antusias mendatangi TPS KJRI Melbourne, untuk menyalurkan hak suaranya untuk Pemilu Presiden dan Legistatif.

Padahal, waktu untuk pencoblosan baru dimulai pukul 09.00 AM – 07.00 PM waktu setempat. “Wah, antreannya panjang sekali, lebih dari sekiloan. Padahal, saya sudah berangkat dari rumah pukul 05.30 AM,” kata Shindy Dwipangesti, a Master’s candidate at Melbourne Law School, asal Kota Cirebon, kepada wartawan, Sabtu 14 April 2019.

Dikatakan Shindy, saat berangkat menggunakan tram menuju lokasi TPS KJRI atau Consulate General of The Republic of Indonesia in Melbourne 72 Queens Rd, Melbourne VIC 3004, lebih dari setengahnya adalah penumpang asal Indonesia yang hendak menyalurkan hak suaranya.

Namun, dia lebih terkejut lagi setelah sampai di lokasi TPS. Sudah ada ribuan orang yang telah mengantri. “Yang lebih aneh antriannya, panjang banget sampai di luar gedung KJRI-nya. Ya, ngantri jadinya,” kata Shindy.

Meski harus antri berlama-lama, Shindy dan juga ribuan diaspora itu tetap antusias untuk menyalurkan hak pilihnya. “Ini kan demi masa depan bangsa Indonesia. Semoga dengan pemimpin yang baru dipilih nanti, Indonesia akan lebih maju lagi,” katanya. Dia pun tetap merahasiakan pilihannya.

Pemilih langsung di PTS wajib membawa paspor dan form A5 (pemilih pindahan). Sementara untuk penghitungan suara akan dilakukan pada pukul 04.00 PM pada Rabu 17 April 2019. *rpo