bandara Sibisa Tobasa sudah mulai berperasi. Foto.Istimewa

Medan-Intainews.com:Bandara Sibisa di Desa Pardamean, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) Sumatera Utara, mulai beroperasi, Jumat 12 April 2019. Pesawat dari Maskapai Avia Star menjadi pesawat perdana yang menguji coba lintasan di bandara tersebut.

Bandara Sibisa tidak beroperasi sejak 2007. Hal itu karena rute penerbangan Susi Air Medan-Sibisa ditutup. Kini bandara yang dibangun era Soeharto tersebut kembali beroperasi dengan rute penerbangan Tobasa-Gunung Sitoli, Nias.

Kepala Badan Pengembangan Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo mengatakan pengelolaan Bandara Sibisa saat ini dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Ditjen Perhubungan Udara.

Ia meyakini kehadiran bandara tersebut mampu mendongkrak jumlah wisatawan di Kawasan Danau Toba. Maka Bandara Sibisa saat ini hanya melayani rute Tobasa-Gunung Sitoli, Nias dan akan terus dikembangkan.

“Ke depannya dapat dikembangkan menjadi Bandara kelas menengah untuk penerbangan short dan medium haul, misalnya penerbangan pesawat kecil dan menengah ke Medan, Banda Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, serta daerah lain di Sumatera Utara,” ujar Arie.

Arie menjelaskan lokasi Bandara Sibisa juga dekat dengan The Kaldera Toba Nomadic Escape. Hanya butuh 5 menit untuk sampai ke resort yang baru diresmikan Kementerian Pariwisata tersebut. “The Kaldera adalah resort berkelas dunia. Tidak kalah dengan yang ada di Nusa Dua, Bali. Kita juga terus mengembangkan kawasan ini,” ujarnya. *kpn