Gunungsitoli-Intainews.com:Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara mengajak semua pihak umtuk mensukseskan pelaksanaan pemilihan umum serentak yang tinggal menghitung hari (foto).

Ajakan disampaikan Ketua KPU Kota Gunungsitoli Firman Gea pada rapat kordinasi yang digelar di Grand Kartika Resto, Jalan Yos Sudarso, Kota Gunungsitoli, Rabu 10 April 2019. Rakor dihadiri Ketua DPRD Herman Jaya Harefa.

Berikut Wakil Kapolres Nias Kompol. Elizama Zalukhu, komisioner Bawaslu Kota Gunungsitoli Nur Alia Lase dan perwakilan dari Pemerintah Kota Gunungsitoli. Ketua KPU Firman Gea mengatakan pelaksanaan pemilu tahun 2019 tinggal tujuh hari lagi.

Segala upaya tentu akan dilaksanakan untuk mensukseskan pemilu tanggal 17 April 2019, dan dia memberitahu jika pergeseran logistik pemilu dilakukan bersamaan dengan pergeseran personel keamanan.

“Tujuan rakor adalah untuk meminta masukan dari semua pihak terkait pergeseran logistik serta masukan soal tanda coblos surat suara sah atau tidak sah supaya ada pemahaman yang sama dan pemilu di Kota Gunungsitoli berjalan sesuai yang ditentukan,” terangnya.

Di tempat yang sama, asisten I Setda Kota Gunungsitoli Nur Keumala Gulo mewakili Wali Kota Gunungsitoli berharap pemilu berlangsung dengan baik dan taat azas serta aturan. “Momen ini harus bisa menjadi bahan evaluasi bagi seluruh stake holder yang ada di Kota Gunungsitoli menjelang pemilu,” ucapnya.

Nur Keumala berharap kualitas pemilu serentak yang baru pertama sekali dilaksanakan tahun ini bisa lebih baik dari pemilu sebelumnya. Dukungan dari semua stake holder sangat diharapkan agar pemilu berjalan sebagaimana mestinya, karena pemilu tahun ini merupakan perwujudan komitmen menuju proses demokrasi yang penuh tanggung jawab. “Semua yang hadir di tempat ini harus saling bahu membahu sesuai tugas pokok dan fungsi masing masing, dan kami dari Pemko Gunungsitoli akan memberi dukungan penuh,” ujarnya.

Sebelumnya Wakil Kapolres Nias Kompol Elizama Zalukhu juga berharap semua pihak ikut bersama sama dalam menjaga pelaksanaan pemilu agar berjalan dengan baik. Dia memberitahu, personel keamanan dari kepolisian bergeser pada tanggal 14 April 2019 atau setelah BKO brimob tiba di Polres Nias.

Sehingga pada tanggal 15 April 2019 semua personel keamanan sudah berada di tempat pemungutan suara masing masing. “Kita berharap kerjasama dengan semua pihak, dan meminta personil diarahkan supaya bisa melaksanakan tugas dengan baik di lapangan,” tuturnya. *Inc-12