Gunungsitoli-Intainews.com:Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri) bersama masyarakat di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara melaksanakan deklarasi bersama siap mengamankan pemilihan umum 17 April 2019 (foto).

Deklarasi dipimpin langsung Dandim 0213/Nias Letkol Inf Y Reymond RS Purba dan Kapolres Nias AKBP. Deni Kurniawan yang dilaksanakan pada apel gelar pasukan di lapangan Merdeka, Kota Gunungsitoli, Jum, 22 Maret 2019.

Sebelum pembacaan deklarasi, Kapolres Nias membaca amanat Menko Polhukam yang meminta TNI dan Polri memahami tugas pengamanan pemilu serentak adalah kehormatan dan kebanggaan yang tidak dapat dinilai.

Pengamanan pemilu sekaligus menjadi amal ibadah yang akan mendapatkan balasan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa apabila dilaksanakan dengan tulus ikhlas. Meminta semua pihak untuk tetap menjalin sinergitas antara unsur pemerintah, TNI-Polri dan seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas.

Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus mampu dan ikut serta untuk menenangkan masyarakat agar tidak resah dengan menyebarnya berita-berita hoaks, serta menguatnya politik identitas yang dapat menggerus disintegrasi bangsa.

Menginventarisir dan berkoordinasi dengan tokoh agama, adat, pemuda dan maayarakat untuk memberikan rasa tenang kepada masyrakat, sehingga masyarakat dapat memberikan hak pilihnya dengan aman.

Sedangkan isi deklarasi yang dibaca perwakilan TNI-Polri dan masyarakat adalah siap sedia bersinergi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada tahap inti pemilu. Bekerjasama untuk memerangi berita hoax, ujaran kebencian, adu domba dan menolak politisasi ditempat ibadah.

Mendukung tindak tegas sesuai peraturan perundang undangan terhadap individu dan kelompok yang sengaja mengganggu, mengancam mengintimidasi masyarakat dan upaya menggagalkan pelaksanaan tahapan pemilu yang sedang berlangsung.

Usai deklarasi yang dihadiri ketua kpu Nias Barat Famataro Zai, ketua kpu Nias Firman Mendrofa, ketua kpu kota Gunungsitoli Firman Nofrianus Gea dan ketua kpu Nias Utara Eforianus harefa, tni dan polri pawai bersama. *Inc-12