Nias-Intainews.com:Dinas Sosial Kabupaten Nias, Sumatera Utara memberikan penyuluhan tentang lingkungan hidup dan hutan kepada masyarakat. Penyuluhan yang merupakan bagian dari program tentara manunggal masuk desa (TMM) ke 104 di wilayah Komando Distrik Militer 0213/Nias dilaksanakan di kantor kepala desa Balele Toba,a, Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias, Senin 18 Maret 2019 (foto).

Kepala bidang pemberdayaan sosial dan fakir miskin, dinas sosial kabupaten Nias Yarnimawati Ndraha,SE memberitahu jika penyuluhan yang mereka lakukan merupakan bagian dari program kegiatan tmmd ke 104. “Selain program tmmd ke 104 Kodim 0213/Nias, penyuluhan ini juga bagian dari program Kerja Dinas Sosial yang sedang berjalan,” terangnya.

Dia juga menambahkan, selain melakukan penyuluhan lingkungan hidup dan hutan, mereka juga memberikan penyuluhan tentang 10 program PKK. “Kita memberikan penyuluhan tentang 10 program pkk dan tugas para ibu ibu di pokja pkk, serta pentingnya peran ibu pkk dalam mensejahterakan keluarga,” ungkapnya.

Dia berharap penyuluhan yang diberikan bisa meningkatkan kebersamaan terutama dalam rumah tangga, karena tanggung jawab ibu ibu sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Kades Balale Tobaa Agusman Lafau di tempat yang sama mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0213/Nias atas pelaksanaan program tmmd ke 104 tahun 2019 di wilayahnya.

Menurut dia, program tmmd sangat membantu, dimana kini jalan di desanya terbuka dan desanya bisa terlepas dari keterisoliran. “Saya sangat berterima kasih kepada Kodim 0213/Nias, terlebih lebih kepada Bupati Nias dan semua pihak yang ikut mendukung program ini, sehingga jalan di desa kami terbuka dan kami terlepas dari keterisoliran,” ucapnya.

Dandim 0213/Nias Letkol Inf Y Reymond RS Purba, SH.MTr (Han) melalui perwira seksi teritorial Kodim 0213/Nias Kapten Arm Fatolosa Waruwu memberitahu jika penyuluhan yang dilaksanakan adalah bagian dari sasaran non fisik kegiatan tmmd ke 104. “Betul, penyuluhan yang diberikan dinas sosial, Kabupaten Nias adalah bagian dari sasaran non fisik kegiatan tmmd ke 104 yang sedang berlangsung saat ini,” ujarnya. *Inc-12