Segai-Intainews.com:Videoconfrence antara Menteri Perdagangan Republik Indonesia dengan Bupati Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara Ir H Soekirman (foto) pada acara Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) di Komplek Replika Istana Sultan Serdang Jl Negara km 40 Kecamatan Pegajahan, Rabu, 20 Maret 2019.

Acara dengan tema ‘Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya’ di pusatkan di Kota Bandung, Jawa Barat diikuti lima kabupaten dan kota, yaitu Kabupaten Serdangbedagai, Sidoarjo, Parepare, Balik Papan dan Padang.

Bupati Sergai Ir H Soekirman mengucapkan selamat atas peringatan Harkonas. Sergai sebagai Kabupaten yang pasarnya tertib ukur dan alat alat ukurnya telah di tera ulang, telah memiliki UPT Metrologi Legal sebagai sarana untuk mengontrol semua yang berkaitan dengan ukuran.

Dijelaskan Bupati, Sergai memiliki potensi pasar yang punya alat ukur sebanyak 47.500, belum termasuk alat ukur meteran listrik dan air. “Ini kita lakukan agar konsumen kita tidak mengalami kerugian dan produsen tetap bermartabat,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Soekirman, Pemkab Sergai berprinsip harus menjunjung dan mendukung martabat produsen, dan harus membela hak hak konsumen. “Dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat kami berinovasi membangun sebuah aplikasi disebut “Tera OCE”, yang memudahkan para pengguna dalam menera ulang,” ujarnya.

Dalam Videoconfrence dengan Menteri Peradangan yang berlangsung selama dua menit tersebut, Bupati Serdangbedagai Ir H Soekirman menyampaikan usulan dalam keterbatasan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia agar kedepannya dalam hal mobilisasi pelayanan tertib ukur bagi masyarakat dapat ditingkatkan lagi.

Sebelumnya Kepala BSML regional 1 Medan Heru Subroto menyebutkan, peringatan Harkonas, juga sebagai pemecahan Rekor Muri dengan penandatanganan 251 UPT Metrologi Legal seluruh Indonesia *Inc-14