Balige-Intainews.com:Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau Pasar Balerong Balige (foto) Jalan Sisingamangaraja, Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jumat 15 Maret 2019. Turut serta Ibu Negara Iriana Jokowi, Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi dan Bupati Tobasa Darwin Siagian.

Setibanya di Pasar Balerong Balige, seratusan warga dan pedagang yang sudah menunggu sejak pukul 07.00 WIB langsung berebut untuk berswafoto dan bersalaman dengan Jokowi dan Edy Rahmayadi. Jokowi bersama rombongan juga mengelilingi dan menyapa para pedagang dan warga yang ada di Pasar Balerong.

Jokowi sempat menanyakan harga jeruk yang ada di Pasar Balerong, namun pedagang tersebut, Marlina Siagian malah ingin memberikannya secara gratis. “Ini sekilo berapa bu harganya?” tanya Jokowi. Tidak langsung menjawab berapa harganya, Marlina justru memberikan secara gratis jeruk tersebut. “Ini untuk bapak aja, aku kasih sama bapak,” katanya.

Mendengar jawaban itu, Jokowi pun tersenyum heran. “Saya nanya harganya, kok malah mau di kasih,” ujar Jokowi. Ketika diwawancarai Marlina br Siagian mengaku senang bisa bertemu langsung dengan Jokowi dan mengunjungi Pasar Balerong. “Senang kalilah bang, bisa jumpa sama Pak Jokowi, biar Bapak itu tahu keadaan masyarakatnya di sini,” katanya,

Jokowi yang datang ke Sumatera Utara dalam kunjungan kerja juga di dampingi Menteri Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Presiden RI ingin melihat langsung perekonomian kerakyatan di Sumatera Utara. “Kunjungan kerja kali ini untuk melihat langsung masyarakat yang ada di sini, khususnya para pedagang,” kata Luhut usai mengunjungi Pasar Balerong Balige.

Setelah mengunjungi Pasar Balerong, rombongan Presiden langsung menuju SMKN 1 Balige untuk membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Kemudian rombongan menuju Kabupaten Humbang Hasundutan untuk meninjau Pasar Onan Baru, Dolok Sanggul.

Jokowi dan rombongannya tiba di Sumut, Kamis petang (14/3) melalui Bandara Udara Internasional Sisingamangaraja XII untuk kunjungan kerja selama empat hari. Dijadwalkan rombongan Presiden mengunjungi Medan dan Sibolga untuk peresmian Pelabuhan Sambas Sibolga.* Inc-03-Inc-15