Nias-Intainews.com:Lounching Sail Nias 2019 oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani (foto) dilaksanakan di hotel sultan Jakarta, Kamis 14 Maret 2019.

“Pada pelaksaan lounching, Menko PMK didampingi Menteri Hukum dan Ham RI Yassona H Laoly dan Menteri Pariwisat Arif Yahya,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias Selatan Anggreani Dachi melalui pesan singkat, Jumat 15 Maret 2019. Menurut Anggreani Dachi, Sail Nias 2019 yang akan digelar Juli 2019 di Kepulauan Nias mengusung tagline ‘Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia”.

Pada acara lounching, Menko PMK yang juga panitia nasional mengatakan jika Sail Nias 2019 memiliki efek yang besar, karena Sail Nias 2019 merupakan tonggak bagi pemerintah daerah yang ada di Kepulauan Nias untuk menggaet investor dalam membangun wilayahnya.

Sail Nias 2019 dilaksanakan untuk mempercepat pembangunan, mempromosikan destinasi wisata dan mengembangkan rute pelayaran kapal di Indonesia, terutama Kepulauan Nias, tetapi tidak lupa dia mengingatkan bahwa Nias belum punya akomodasi yang representatif, sehingga yang telah dilakukan jangan sampai tidak berguna selanjutnya.

Untuk itu perlu dilakukan gotong royong antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam menarik investor. Dari Kadis Pariwisata Nias Selatan diketahui jika Kepulauan Nias punya potensi wisata bahari yang baik, ombaknya dikenal dunia sebagai spot selancar terbaik dan atraksi lompat batunya menjadi khas tersendiri.

Sehingga sail Nias kali ini mengangkat tema ‘Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia”, dan Sail Nias 2019 akan berlangsung di 5 Kabupaten/ Kota yang ada di Kepulauan Nias selama 3 bulan.

Acara Sail Nias 2019 diisi dengan 18 rangkaian kegiatan dan puncak acara Sail Nias 2019 digelar di Teluk Dalam, Nias Selatan pada tanggal 14 September 2019. Kegiatan Sail Nias akan diramaikan Wonderful Nias Expo 2019, kejuaraan surfing internasional WS:QS 1500, pagelaran budaya dan bhakti sosial oleh TNI AL. *Inc-12