Siantar- Intainews.com:Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia siap memerjuangkan kepentingan daerah. Salah satunya, turut melakukan pengawasan program dana kelurahan yang dijanjikan pemerintah pusat, yang pencairannya dijadwalkan April 2019. Tujuannya, agar dana tersebut benar-benar untuk kepentingan masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPD RI Prof Darmayanti Lubis (foto) saat dialog tatap muka dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan lurah se-Kota Pematangsiantar, di Ruang Data Sekretariat Pemko Pematangsiantar, Kamis (14/3).

“Kedatangan kami untuk mengawasi dan membantu proses pencairan dana kelurahan yang mencapai Rp 3 triliun, yang dibagikan untuk seluruh kelurahan di Indonesia,” tukasnya. Seharusnya, tambahnya, kelurahan tahap satu sudah digulirkan di bulan Februari sampai Mei.

Darmayanti menyebutkan, anggota DPD yang berjumlah 132 orang merupakan perwakilan dari setiap provinsi. Satu provinsi, lanjutnya, diwakili empat anggota DPD. “Masyarakat Sumut patut bersyukur, dari empat anggota DPD asal Sumut, dirinya dipercaya dan terpilih menjadi salah seorang pimpinan DPD,” sebutnya.

Staf Ahli Bidang Pembangunan Pemko Pematangsiantar Drs Daniel H Siregar yang mewakili Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM menyampaikan, Pematangsiantar sebagai salah satu daerah otonom di Provinsi Sumatera Utara memiliki berbagai program pembangunan melalui rencana strategis.

Program pembangunan itu, katanya, tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kota Pematangsiantar tahun 2017-2022, dan dijabarkan melalui Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Pematangsiantar di setiap tahun anggaran.

“Kami menyadari dengan sepenuhnya berbagai program dan kegiatan yang tertuang dalam APBD Kota Pematangsiantar belum dapat sepenuhnya menjangkau aspirasi setiap lapisan masyarakat. Hal ini terjadi karena berbagai faktor yang mempengaruhi. Salah satunya adalah keterbatasan anggaran Pemerintah Kota Pematangsiantar,” jelasnya.

Disebutkannya, dengan kedatangan anggota DPD diharapkan dapat membawa suasana baru bagi pembangunan di Kota Pematangsiantar melalui berbagai program prioritas nasional. *Inc-01