Gunungsitoli-Intainews.com:Warga Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara diajak untuk ikut berperan serta mengawasi pemilihan umun yang akan digelar 17 April 2019 (foto). Ajakan disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilu Kota Gunungsitoli Endra Amri Polem ketika membuka sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu tahun 2019 di grand kartika resto, Kota Gunungsitoli, Selasa 6 Maret 2019.

Menurut dia, sebagai warga negara indonesia yang baik, semua masyarakat Kota Gunungsitoli patut ikut berpartisipasi mengawasi pemilu, sehingga pelaksanaan pemilu bisa sukses dan terlaksana dengan baik.

“Sosialisasi ini kita gelar untuk menguji yang disampaikan dalam undang undang nomor 7 tahun 2017 tentang partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu dan kami Bawaslu sangat berharap tokoh masyarakat, pemuda dan semua stake holder bisa terlibat di dalam pengawasan, sebab tanpa bantuan masyarakat kami tidak bisa berbuat apa apa,” terangnya.

Tidak lupa dia memberitahu, pengawas mulai dari Bawaslu sesuai uu no 7 tahun 2017 sudah permanen, dan hanya pengawas tingkat kecamatan ke bawah yang belum permanen. Pengawas kecamatan namanya tetap panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan, dan pada undang undang nomor 7 tahun 2017 kini ada pengawas ditingkat desa, dimana sebelumnya hanya yang ada petugas pengawas lapangan.

Pengawas ditingkatkan desa disebut panwaslu kelurahan/desa yang bertugas disetiap desa, bahkan setiap tempat pemungutan suara juga kini ada pengawas tps yang mana dari 397 tps yang ada di Kota Gunungsitoli pengawas tpsnya sedang dalam perekrutan. *Inc12