Tapsel-Intainews.com:Kepolisian Resor Tapanuli Selatan (Polres Tapsel) bersama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta ), Pemkab Padang Lawas (Palas), menyelenggarakan kegiatan Millenial Road Safety Festival (MRSF) di halaman kantor Bupati Paluta, Kecamatan Padangbolak Minggu 3 Maret 2019 (foto).

Pada MRSF diisi kegiatan gerak jalan santai dan senam bersama di halaman kantor Bupati Paluta, Sumatera Utara. Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, membacakan Sambutan Kapolda Sumut mengatakan, lalu lintas sebagai nadi kehidupan. Masyarakat yang hidup, tumbuh dan berkembang tidak terlepas dari mobilitas lalu lintas setiap hari.

“Kecelakaan lalu lintas merupakan urutan ke 5 penyebab kematian tertinggi, setelah penyakit jantung koroner, paru-paru, diabetes danp TBC. Di wilayah Sumatera Utara tahun 2018 tercatat angka kejadian laka lantas 6.127 kasus dengan korban meninggal dunia 2.056 orang, luka berat 1.715 orang dan luka ringan 6.668 orang serta kerugian materil lebih kurang Rp 12.000.000.000,- . Korban laka lantas didominasi kaum millennial (kaum muda) lebih kurang 54 %.”

Generasi millennial adalah generasi muda berumur 17 – 35 tahun. Berdasarkan data Bpeppnas tahun 2018 mencapai 90 juta orang. Ciri khas dari generasi millennial adalah lahir pada saat TV sudah berwarna, handphone dan internet sudah diperkenalkan sehingga generasi tersebut memiliki mobilitas tinggi di jalan raya.

Kegiatan MRSF merupakan program kerja Korlantas Polri yang digagas oleh Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) dan Relawan lalulintas (Relasi) untuk menggelorakan tertib berlalu lintas pada tahun 2019 dengan tema “Mewujudkan Generasi Millenial Cinta Lalu lintas Menuju Indonesia Gemilang”, sebut Kapoldasu.

Bupati Palas Andar Amin Harahap, menyampaikan terima kasih kepada Polres Tapsel yang telah mempercayakan pelaksanaan MRSFdi Palas. Semoga bisa meningkatkan kesadaran bagi masyarakat khususnya para kaum millenial akan pentingnya keselamatan berlalu lintas,” tukas Andar.

Dilanjutkan deklarasi Generasi Millennial, diisi hiburan oleh artis Iven KDI dan Nurul serta lucky draw dengan berbagai hadiah sepeda motor, kulkas, mesin cuci, kompor gas, televisi, blender, setrika, kipas angin, Helm, payung dan jam dinding.* Inc-16-19