Foto Bersama Kadispar Kota Medan (tengah) bersama peserta Medan City Tour

Medan-Intainews.com:Medan City Tour yang digagas Ikatan Wartawan Online (IWO) Medan bersama dengan Dinas Pariwisata Kota Medan mengunjungi 6 destinasi wisataMedan yang cukup potensial dikunjungi wisatawaan,  Selasa 26 Februari 2019.

Enam destinasi wisata yang dikunjungi tersebut masjid bersejarah ialah, Masjid Al-Osmani di Jalan Kolonel Yos Sudarso Kelurahan Pekan Labuhan. Masjid kelihatan sudah cukup tua, didirikan pada tahun 1854. Lalu tak jauh dari Masjid Al-Osmani ada Vihara Siu Dan Keng yang merupakan Vihara satu-satunya di Medan Labuhan bernilai sejarah.

Dulunya bangunan Vihara ini didirikan 11 orang diketuai oleh Shia Eng Tjai. Selanjutnya 40 orang Peserta City Tour terdiri dari penggiat Media Sosial (selebritis instagram, facebookers,youTubers), pelajar, termasuk pelajar dari Italia, juga sejumlah jurnalis media online dan cetak diperkenalkan dengan wisata kuliner di Belawan yang menyajikan menu-menu seafood khas dan memanjakan lidah.

Tempat kuliner diberi nama Dermaga Seafood Bang Thamrin di Jalan Indrapura Ujung Kecamatan Medan Belawan, luar biasa laris manis. Dipenuhi pengunjung santap siang, dengan penuh pelanggan, service cukup memuaskan dan tak ada kata terlambat dalam penyajian.

Sajiannya enak dan pas di lidah, menyediakan berbagai masakan ikan laut dan gorenga dan panggang, ditemani air kelapa dingin. Tempat kuliner ini juga menyuguhkan panorama indah digaris pinggir laut Belawan. Angin sepoi-sepoi mengelus seluruh tubuh yang sedang menikmati makan siang.

Kemudian, perjalanan pun berlanjut menuju tempat yang tidak kalah penting disambangi “Situs Kota Cina” namanya. Terletak di Medan Marelan, melalui Danau Siombak. Situs ini diketahui pada tahun 1970. Jejaknya diketahui saat ditemukan arca kuno saat proses pembangunan tol Belawamn Medan Tanjungmorawa (Belmera tahun 1986).

Medan-Agus-Suriyono.-Foto-Istimewa-23-300x262.png" alt="" width="300" height="262" srcset="https://intainews.com/wp-content/uploads/2019/02/Kadispar-Kota-Medan-Agus-Suriyono.-Foto-Istimewa-23-300x262.png 300w, https://intainews.com/wp-content/uploads/2019/02/Kadispar-Kota-Medan-Agus-Suriyono.-Foto-Istimewa-23-480x420.png 480w, https://intainews.com/wp-content/uploads/2019/02/Kadispar-Kota-Medan-Agus-Suriyono.-Foto-Istimewa-23.png 686w" sizes="(max-width: 300px) 100vw, 300px" />
Kadispar Kota Medan Agus Suriyono. Foto Istimewa

 Ketua IWO Medan, Errie Prasetyo didampingi Ketua Panitia City Tour Medan, Budi Warsito menyatakan kegiatan city tour Medan ini merupakan program IWO Medan dan Dinas Pariwisata untuk mempromosikan destinasi wisata di Medan. Dengan mengajak para selebritis instagram (selebgram) juga youtubers serta jurnalis online yang bergabung di IWO, dan wartawan media cetak agar dapat mengeksplore potensi-potensi wisata di destinasi wisata yang dikunjungi.

Semuanya segera dipromosikan ke wisatawan lokal maupun mancanegara melalui chanel dan konten masing-masing peserta. “Kita kunjungi 6 Destinasi wisata ini karena letaknya di pinggir kota Medan, selama ini banyak tamu di Medan hanya tau objek wisata di tengah kota,” ungkap Erie.

Dia pun menambahkan, saat inilah momen yang tepat memperkenalkan, kita eksplore agar terangkat di mata dunia karena sebagain wisata bahkan sudah masuk dalam situs bersejarah dunia. Disela-sela melepas peserta City Tour di Aula Kantor Dinas Pariwisata Kota Medan Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, (Kadispar), Agus Suriyono mengungkap.

Foto bersama di Museum Kota China

“Kegiatan ini merupakan promosi melalui media digital terutama kaum milinial. Kami sepakat dengan IWO Medan membuat kegiatan sekaligus mempromosikan Kota Medan. Harapannya semua pihak berperan, kalau tidak kita siapa lagi,” papar Agus yang akrab dengan wartawan online.
Agus juga mengajak warga Medan menjadi warga yang bangga akan kotanya, karena ruh pariwisata adalah mendatangkan orang sebanyak-banyaknya ke kota Medan. Perjalanan pun berlanjut ke Penangkaran Buaya di Medan Sunggal.

Mengunjungi Gereja Velangkani di Medan Sunggal, Masjid Raya di Medan Maimun dan diterima Walikota Medan di Rumah Dinas Jalan Walikota Kecamatan Medan Polonia. Walikota Medan menyambut kerjasama IWO Medan dengan Dinas Pariwisata dalam upaya menggaungkan objek wisata Kota Medan yang cukup potensial. Acara berakhir  makan bersama dengan Walikota Medan Dzulmi Eldin, Kadis Parisata Medan Agus Suriyono dan segenap jajarannya. *Inc-04