Sergai-Intainews.com:Seminar keikutsertaan perempuan dalam berpolitik berlangsung di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Kamis 21 Februari 2019 (foto).

Peserta dalam kegiata ini berasal dari LSM Perempuan, Organisasi Perempuan, Kaukus Perempuan, serta Calon Anggota Legislatif Perempuan Perwakilan Tiap Partai Politik. Menurut Kepala DP2KBP3A Hj Irwani Jamilah SH, kegian ini dilatarbelakangi masih kecilnya gaung dan partisipasi perempuan di bidang politik yang berdampak pada masih adanya kesenjangan laki-laki dan perempuan.

Sehingga diperlukan peningkatan peran dan partisipasi perempuan dalam berpolitik, baik sebagai calon anggota legislatif, maupun sebagai pemilih yang cerdas dalam menyongsong Pemilu 2019, dan organisasi perempuan dapat berperan serta memiliki kedudukan sangat penting dalam menyuarakan aspirasi kaum perempuan.

Bupati Sergai H Soekirman dalam sambutannya disampaikan Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin menyebutkan, kegiatan seminar ini merpakan apresiasi terkait upaya dan wujud nyata Pemerintah Sergai untuk peningkatan kualitas perempuan melalui kebijakan di semua aspek pembangunan.

“Mengingat kondisi dan posisi perempuan di Indonesia pada umumnya dan di Sergai pada khususnya masih tertinggal, dibanding kaum laki-laki dalam berbagai aspek kehidupan seperti bidang sosial, politik, ekonomi, pendidikan dan budaya,” katanya. Sudah saatnya, tutur Soekirman, para perempuan untuk mengubah pola fikir untuk lebih peka terhadap kemajuan zaman. Sebab keterwakilan perempuan dalam parlemen sangat dibutuhkan.

Acara diisi dengan dialog interaktif dan penyampaian materi “Strategi Kampanye Pemilu Legislatif 2019” oleh Asdep Polhukhankam Kementerian PP dan PA RI DR A Darsono Sudibyo, dirangkai dengan paparan berjudul “Perempuan dan Kepemimpinan” oleh Ketua KPUD Sergai Erdian Wirajaya, S.Sos. *Inc-14