Medan-Intainews.com:Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan bersama Relawan Demokrasi (Relasi) Kota Medan melaksanakan sosialisasi tatap muka secara langsung di area Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka Medan, Minggu 3 Januari 2019 (foto).

Masyarakat sangat antusias dengan sosialisasi yang dilakukan. Keingintahuan warga yang sangat tinggi terkait informasi kepemiluan langsung saat KPU Kota Medan dan Relasi menyebarkan brosur sosialisasi dan membuka stand cek daftar pemilih.

“Kami merasakan bagaimana masyarakat sangat antusias dengan informasi dan sosialisasi tentang Pemilu Serentak 17 April 2019 yang saat ini dilakukan. Lihat saja warga berkerumun untuk mendapatkan selebaran dan brosur sosialisasi,” kata Ketua KPU Kota Medan Agussyah Ramadani Damanik didampingi komisioner Edy Suhartono, Nana Miranti, M Rinaldi Khair dan Sekretaris KPU Medan Nirwan.

Agussyah mengatakan sosialisasi jemput bola dengan mendatangi langsung pusat keramaian adalah langkah efektif yang harus semaksimal mungkin dilakukan. Karena itu, KPU Kota Medan sudah memprogramkan setiap Minggu pagi hingga menjelang hari pemungutan suara Rabu 17 April 2019, akan menggelar sosialisasi jemput bola dengan datang langsung ke acara-acara yang selama ini ramai dikunjungi warga.

Target sosialisasi kali ini adalah untuk memastikan masyarakat mengetahui ada lima jenis surat suara yang akan dicoblos pada hari pemungutan suara yakni calon presiden dan wakil presiden, calon DPD RI, calon DPR RI, calon DPRD Provinsi dan calon DPRD Kabupaten/Kota.

Setelah itu memastikan bahwa warga yang mengunjungi stand KPU Kota Medan sudah terdaftar dengan memeriksanya melalui aplikasi online KPU RI Pemilu 2019. KPU Kota Medan juga sangat terbantu dengan kehadiran dan aktifnya 55 orang Relasi Medan yang ikut serta menyosialisasikan Pemilu Serentak 2019.

Dengan penuh kepercayaan diri, masing-masing anggota Relasi Medan menyebar menemui masyarakat untuk berdialog menyebarkan informasi kepemiluan. Ada juga yang berkeliling Lapangan Merdeka sambil membentangkan spanduk sosialisasi. “Sudah 9 putaran ini bang, capek juga. Lumayan bakar lemak,” kata Daffa salah satu Relasi Medan.

Anggota KPU Kota Medan M Rinaldi Khair mengatakan, antusiasme masyarakat terhadap Pemilu Serentak 2019 cukup tinggi. Terbukti banyak warga yang tertarik untuk mencari tahu namanya sudah terdaftar atau tidak.

“Dari puluhan orang yang kita cek dengan aplikasi online KPU RI Pemilu 2019, Alhamdulillah semuanya telah terdaftar dan mengaku senang bisa mengetahui sudah terdaftar dan tahu berada di TPS berapa saat mencoblos nanti,” ujar alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Sumatera Utara (USU) itu. *Inc-11-Inc-04