Ketua panitia Henru Pillay menggalungkan bunga kepada Wali Kota HM Idaham

Binjai-Intainews.com:Walikota Binjai, HM Idaham, mengemukakan perayaan Thaipusam membuktian Binjai sebagai 10 kota toleran di Indonesia. Ini disebutkan Idaham saat menghadiri perayaan puncak Maha Puja Thaipusam, di Shri Mariaman Kuil, Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kota, Selasa (22/1) malam.

“Kita pantas berbangga dengan kota kita, karena saat ini Binjai telah berhasil meraih 10 kota besar yang sangat toleran di Indonesia. Melalui perayaan Maha Puja Thaipusam kita buktikan masyarakat Binjai memiliki nilai toleransi umat beragama yang tinggi. Tidak ada perbedaan, kita hadir bersama untuk memberikan semangat dan dukungan kepada etnis Tamil,” tegas Walikota Rabu 23 Januari 2019.

Idaham mengemukakan sudah delapan tahun memimpin kota ini, saya bangga kepada Kota Binjai. Perayaan ini menjadi salah satu perekat kita, semoga perayaan ini menjadi motivasi agar kita selalu memperbaiki diri, meninggalkan kejahatan dan meneruskan kebaikan .

Ketua Panitia perayaan Maha Puja Thaipusam, Nehru Pillay , menjelaskan makna simbolis dari perayaan Thaipusam adalah sebagai hari kemenangan melawan kejahatan. Perayaan Thaipusam yang digelar di Kota Binjai merupakan bentuk perayaan etnis terbesar di Sumatera Utara, yang dilaksanakan di kuil yang tertua di Sumut.

Nehru menjelaskan, perayaan Thaipusam tahun ini dilaksanakan sangat sederhana, tidak ada pesta kembang api, bertujuan untuk menjaga keamanan, dan menghormati masyarakat yang berdomisili di sekitar kuil. * Inc.08