Ilustrasi,prostitusi di hotel. Foto Istimewa

Surabaya-Intaines.com:Prostitusi (pelacur) online melibatkan wanita-wanita cantik dan seksi serta artis, sudah lama terdengar oleh masyarakat. Kini Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur mengungkap kasus prosititusi online bersama dua artis ibu kota di Surabaya, Sabtu Januari 2019.

“Polda Jatim mengamankan empat orang saksi, dua artis, dua manajemen, satu tersangka yang diduga melaksanakan transaksi elektronik prostitusi,” kata Wadir Reskrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara di Mapolda Jatim, Surabaya.

Arman menjelaskan, dua artis tersebut salah satunya artis populer berinisial VA dan AF yang merupakan artis FTV. Penangkapan itu bermula dari informasi masyarakat yang menyebut ada kegiatan transaksi prostitusi di wilayah hukum Polda Jatim.

Kegiatan itu dilakukan oleh dua orang sebagai korban dan ada empat saksi, serta satu mucikari. Pihak kepolisian setempat melakukan penyelidikan melalui media sosial dan diketahui kegiatan tersebut dilakukan di salah satu hotel di Surabaya.

“Tarifnya yang satu Rp80 juta, satunya Rp25 juta. Kami melakukan penyelidikan selama satu bulan,” ungkap Arman Asmara. Hingga saat ini, pihak penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur masih melakukan pemeriksaan intensif kepada mereka.

Sebelum ditangkap Sabtu siang, VA mengunggah status di Instagram Story yang menunjukkan dirinya sedang berada di Surabaya, Jawa Timur. Vanessa mengunggah video singkat pintu gerbang selamat datang dengan menambahkan tulisan. “Menjemput rezeki di awal tahun 2019. Hello Surabaya, Indonesia. See you @townsquaresurabaya,” tulis VA

Artis VA saat digiring ke Polda Jatim.Foto istimewa.

Berikutnya, VA mengunggah gambar dirinya yang baru saja sampai di sebuah pusat perbelanjaan di Surabaya. “Sudah sampai, see you here,” ungkap Vanessa sembari tersenyum ke arah kamera.

“Pemeriksaannya baru akan selesai besok (hari ini Minggu 6/1). Jadi mereka malam ini istirahat di Mapolda Jatim,” kata Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Harissandi di Mapolda Jatim Surabaya, Sabtu (5/1) malam.

Menurut Harissandi, kedua artis tersebut cukup kooperatif saat ditanya penyidik. Meskipun keduanya cukup “shock” usai ditangkap dan diperiksa sebagai saksi.

Lidya selaku manajer VA memastikan tidak tahu menahu soal keterlibatan artisnya tersebut dalam dunia prostitusi. Sepengetahuan dia, VA tidak pernah melakukan praktik terlarang tersebut.

Lidya pun mengaku sangat kaget dan nyaris mau pingsan ketika mendapat informasi VA diamankan petugas kepolisian dari Polda Jawa Timur lantaran tersangkut kasus prostitusi online. Namun Lidya mengaku sebagai manajer a tetap harus memberikan perhatian kepada VA. *Tsc-kpn