Medan-Intainews.com:Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan sudah menyerahkan sejumlah alat peraga kampanye (APK) kepada seluruh peserta Pemilu pada 26 November 2018. Namun, hingga hari ini belum ada peserta Pemilu 2019, baik partai politik (Parpol) maupun pasangan calon (Paslon) presiden dan wakil presiden memasang APK yang pencetakannya dibiayai oleh Negara (foto).

“APK yang difasilitasi KPU untuk pencetakannya, design tetap dari peserta pemilu. Tapi, hingga hari ini belum ada yang memasang. Tentu kita sangat menyesali itu,” ujar Ketua KPU Medan, Agusyah Ramadani Damanik.

Kata dia, yang difasilitasi KPU hanya biaya pencetakannya. Sedangkan, untuk pemasangan tidak. Maka pemasangan APK diserahkan kepada masing-masing peserta pemilu. “Kami sudah minta kalau APK yang telah dipasang agar dilaporkan titiknya ke KPU. Begitu juga dengan APK yang tidak difasilitasi, tetap harus lapor. Hanya saja hingga saat ini belum ada yang melaporkan,” paparnya.

Oleh karena ini, Agus mengimbau kepada seluruh peserta pemilu untuk memasang APK tersebut, agar anggaran yang dikeluarkan untuk itu tidak sia-sia. Ia menuturkan setiap parpol dan tim kampanye Capres dan Cawapres akan difasilitasi APK masing-masing 10 baliho berukuran maksimal 4×7 meter, dan 16 spanduk berukuran 1,5 x 7 meter.

“Ada 15 parpol peserta pemilu, dan 2 Paslon Capres -Cawapres. Berarti total akan ada 170 baliho dan 272 spanduk,” jelasnya. Sementara itu, Komisioner KPU Medan Divisi SDM dan Partisipasi Pemilih, Edy Suhartono, mengatakan pihaknya menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam menetapkan target partisipasi pemilih.

“Secara umum kami targetkan partisipasi pemilih sebanyak 60 persen di Pemilu serentak 2019,” ujar Edy didampingi Ketua KPU Medan, Agussyah Ramadani Damanik, Komisioner KPU Divisi Data dan Perencanaan, di Kantor KPU Medan, Jalan Kejaksaan, Medan, Senin 31 Desember 2018 sore.

Edy mengaku secara nasional partisipasi pemilih ditargetkan menyentuh angka 77,6 persen. Namun, target 60 persen di Kota Medan diakuinya ditetapkan berdasarkan sejumlah pertimbangan diantaranya melihat partisipasi pemilih di agenda Pemilu dan Pilkada sebelumnya. *Inc-11