Medan-Intainews.com:KPU Kota Medan mulai fokus terhadap pendataan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yakni warga yang mengurus pindah memilih serta Daftar Pemilih Khusus (DPK) atau warga yang masih belum terdaftar pada Pemilu 2019 (foto).

Ketua KPU Medan Agussyah Ramadani Damanik mengatakan sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 11 Tahun 2018 Tentang Penyusunan Daftar Pemilih, dijelaskan DPT dapat dilengkapi dengan DPTb yaitu pemilih yang terdaftar dalam DPT di suatu Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“DPTb ini biasa disebut pemilih pindahan. Berbeda dengan Pilgub 2018 lalu dimana masyarakat yang mau mengurus pindah memilih baru dapat melakukannya seminggu menjelang hari H. Tapi di Pemilu 2019 ini mulai dari Agustus lalu sudah bisa diurus hingga 1 bulan sebelun hari H,” ujar Agussyah di Kantor KPU Kota Medan Jalan Kejaksaan No.37, Medan, Senin 24 Desember 2018.

Pendatan DPTb dan DPK ini merupakan salah satu cara KPU untuk memastikan bahwa seluruh hak pilih warga dapat digunakan pada Rabu, 17 April 2019. KPU Kota Medan juga meminta PPK dan PPS terus berkordinasi secara maksimal dengan Panwascam, pemerintah setempat, partai politik dan seluruh pihak terkait lainnya dalam penyususnan DPTb dan DPK.

“DPTb dan DPK untuk tahap pertama ini harus sudah dilaporkan ke KPU RI 28 Desember 2018 dan 26 Desember 2018 di tingkat provinsi,” ujar Nana. *Inc-11