Maffud MD. Foto Istimewa

Jakarta-Intainews.com:Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai hanya di era pemerintahan Presiden ke-4, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) korupsi tidak pernah terjadi. Hal itu dikatakannya saat menjadi pembicara di Haul Gus Dur ke-9 di Kediaman Keluarga Gus Dur, Ciganjur, Jakarta Selatan.

“Coba lihat pelajaran sejarah sedikit saja, cari zaman pemerintahan Gus Dur. Enggak ada menteri yang korupsi, enggak ada,” kata Mahfud, Sabtu 22 Desember 2018 dini hari. Mahfud menegaskan sosok Gus Dur tidak main-main dalam pemberantasan korupsi.

Bahkan orang yang terindikasi melakukan korupsi pun dipecat terlebih dahulu, meski belum tentu terbukti melakukannya. “Kalau zaman Gus Dur, main-main Anda korupsi ya di sikat. Kadangkala belum diteliti betul, dipecat duluan. Begitu kerasnya Gus Dur pada tindak korupsi,” ucap Mahfud.

Seain tegas terhadap korupsi, Mahfud mengatakan Gus Dur tak pernah berkompromi ketika memilih pejabat tinggi, seperti saat dirinya dipilih menjadi Menteri Pertahanan. “Saya diambil Gus Dur ibaratnya dari semak-semak. Saya tiba-tiba jadi Menhan, semua orang kaget. Ini orang siapa, dicari di file CIA Amerika juga enggak ada (profil Mahfud),” kata Mahfud.

Menurutnya, Gus Dur selalu menempatkan kemanusiaan di atas kepentingan politik. Sehingga kebaikan di era Gus Dur selalu dapat dijadikan pelajaran.
“Nah di situ Gus Dur mengutamakan kemanusian dalam berpolitik,” katanya.

Selain dikenal dengan pluralismenya, kata Mahfud, Gus Dur juga selalu berbicara tentang demokrasi. Yakni demokrasi dengan sistem pemerintahan yang bertumpu pada kemaslahatan masyarakat. *kmp