Edy Suhartono. Foto Istimewa

Medan-Intainews.com:Guna meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019 yang akan datang, KPU kota Medan mulai melakukan pendataan dan sosialsasi terhadap TPS dikecamatan dan kelurahan yang partisipasi pemilihnya sangat rendah saat pemilu lalu.

“Ya kita sedang turun ke lapangan guna melakukan sosialisasi,” ujar Komisioner KPU kota Medan Divisi Partisipasi Masyarakat Edy Suhartono di KPU Sumut, Kamis 20 Desember 2018.

Rendahnya partispipasi pemilih ini diketahui berdasarkan hasil data per TPS di tiap kecamatan dan kelurahan di kota Medan hasil Pilgubsu lalu. Dari data itu lah diketahui mana saja TPS-TPS yang ada di kecamatan dan kelurahannya yang rendah partisipasi pemilihnya.

Tujuan dilakukannya pendataan dan sosialisasi adalah untuk mencari tahu penyebabnya sehingga pada saat dilaksanakannya Pemilu 2019 partipasi pemilih di kecamatan dan kelurahan itu akan meningkat partisipasinya.
“Pada saat Pilgubsu yang lalu masih ada pemilih di TPS partisipasinya rendah tidak mencapai 50 persen.” jelas Edy

“Seperti di Kelurahan Aur hanya 48 persen yang datang ke TPS, Kelurahan Padang Bulan, Kelurahan Mangkubumi , Kelurahan Simpang Tanjung,” ungkap Edy. Bentuk sosialisasi yang dapat dilakukan berupa pemasangan spanduk atau penyebaran stiker pada warga pendatang,” tukas Edy.

Intinya mengimbau jika mereka tidak sempat kembali ke daerahnya masing-masing untuk memilih bisa mengurus formulir A 5. Waktu pengurusannyapun masih panjang dan sudah bisa diurus saat ini. *Inc-11