Tapsel-Intainews.com:Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) daerah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) melaksanakan kegiatan Rapat Teknis (Rakernis) penanganan pelanggaran pada pemilihan umum (Pemilu) DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD Kabupaten, serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 (foto).
Rekernis berlangsung dengan tema ‘Bersama rakyat awasi Pemilu bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu’, di Aula Pia Hotel Jalan Raja Inal Kota Padangsidimpuan, 1 hingga 3 Desember 2018.

Narasumber Marwan S.Ag Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, DR Saipuddin L Simbolon S.Ag, dari Bawaslu Kabupaten Tapsel, Marwan S.Ag dan Sawal Lubis dan peserta terdiri dari 14 Panwas Kecamatan se Kabupaten Tapsel. Acara juga dihadiri Sekretaris Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan Salman Faris Harahap.

Saipuddin L Simbolon S.Ag, memaparkan tata cara siapa yang berhak melaporkan laporan dugaan pelanggaran pemilu menurut UU No.7 tahun 2017. Formulir apa yang digunakan dalam melaporkan dugaan pelanggaran pemilu dan tentukan lah siapakah yang menjadi pelapor dan terlapor sesuai dengan lembar kasus yang ada.

“Pengawas Pemilu dalam melakukan pengkajian terhadap temuan dan laporan dugaan pelanggaran dapat meminta kehadiran pelapor, saksi, terlapor serta ahli untuk dimintai keterangan atau diklarifikasi. Ketentuan itu diatur dalam pasal 18 peraturan Bawaslu No 7 tahun 2018 tentang penanganan temuan dan laporan pelanggaran pemilu,” terangnya. *Inc-16