Wakil Ketua DPD KNPI Sumut, Ika Anshari (kiri), saat di acara sarasehan nasional kearifan lokal di Jakarta

Medan-Intainews.com:Komite Nasional Pemuda Sumatera Utara mengusulkan kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) untuk menggagas sebuah kegiatan jembatan persahabatan antar suporter sepak bola berskala nasional. Hal ini dilatarbelakangi sampai memakan korban jiwa.

“Sering terjadi bentrok antar suporter sepak bola, seperti peristiwa tragis baru-baru ini antara Jack Mania Persija dan Bobotoh Persib Bandung, yang memakan korban jiwa. Kondisi seperti ini perlu disikapi pemerintah,” ujar Wakil Ketua DPD KNPI Sumut, Ika Anshari kepada sejumlah pejabat di lingkungan Kemensos RI di sela-sela acara sarasehan nasional kearifan lokal 28-30 November 2018 di Merlyn Park Hotel Jakarta.

Saat ini, tambah Anshari, setiap pertandingan sepakbola kerap terjadi bentrok antar sporter. “Saya optimis kalau Kemensos bisa menggelar kegiatan jembatan persahaban seperti kegiatan Harmoni Nusantara di Luwu Utara kemarin, bisa meminimalisir terjadinya bentrok antar sporter sepak bola,” jelas Ketua Pokja Humas KNPI Sumut ini.

Usulan jembatan persahabatan tersebut mendapat respon positif dari Safi’i Nasution, selaku Kasubdit Pemulihan dan Reintegrasi Sosial, Direktorat Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Sosial (PSKBS).

“Betul itu. Ide seperti ini belum pernah terpikir. Nanti kita koordinasikan dengan stage holder terkait yang menyangkut sepakbola. Mulai dari kblub, PSSI dan Kemenpora. Saya optimis Pak Menteri respon,” ujar Safi’i.

Beberapa wkatu lalu, jelas Safi’i Nasution, Kemensos RI melaksanakan kegiatan Harmoni Kebangsaan di Desa Baloli, Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Tengah. Di desa tersebut sering terjadi konflik antar warga, bahkan memakan korban jiwa.

Karena itu pihak Kemensos, merencanakan kegiatan Harmoni Kebangsaan dengan menghadirkan para tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dari provinsi-provinsi lain di Indonesia, membaur bersama warga setempat untuk saling bertukar pengalaman.

Selanjutnya, Safi’i Nasution langsung menyampaikan usulan dari perwakilan KNPI Sumut kepada Direktur PSKBS, Nurul Farijati dan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat. Kedua pejabat Kemensos RI tersebut sangat menyambut baik ide gagasan yang disampaikan utusan KNPI Sumut. * IWO Medan