Ilustrasi, kotak suara. Foto Istimewa

Medan-Intainews.com:KPU Medan, Sumatera Utara melakukan pembongkaran pembongkaran logistik Pemilu 2019 menemukan beberapa kotak surat suara yang rusak. Hal itu disampaikan Sekretaris KPU kota Medan Nirwan Nasution di ruang kerjanya kantor KPU Kamis 8 Noveber 2018.

Kotak surat suara yang diterima dari KPU RI, ungkap Nirman, setelah dihitung ada sektiar 26 kotak surat suara yang rusak. Kerusakan itu diduga saat di perjalanan truk kontainer dari percetakan di Jakarta menuju Medan, sehingga diketahui setelah dilakukan pembongkaran. Dipastikan kotak surat suara yang rusak tidak dapat dipergunakan dan harus diganti baru.

Jumlah kotak surat suara yang diterima KPU kota Medan dari KPU RI 6.324 sesuai dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang akan didirikan saat pelaksanaan pemilu serentak 2019. Kini kotak yang rusak disimpan di gudang eks bandara Polonia Medan.

Untuk menjaga kotak suarat suara itu tersimpan dengan baik, KPU kota Medan mempersiapkan petugas jaga dari kepolisian maupun KPU kota Medan. Sebelumnya dilakukan penyemporan anti rayap agar logisitik yang disimpan tidak rusak saat akan digunakan pada pemilu 2019.

Setelah kotak surat suara, KPU kota Medan dalam waktu dekat ini akan menerima bilik surat suara serta logistik lainnya. Diharapkan pada waktu pelaksanaan pemilu semuanya telah tersedia di gudang KPU Medan untuk dapat digunakan. *Inc-11