Tarian Ahoi diikuti 428 peserta saat dilaunching.

Medan-Intainews.com:Lebih dari 7.000 warga Kota Medan ikut memeriahkan Festival Pesona Lokal yang digelar di halaman Istana Maimun Medan, Minggu 21 Oktober 201. Selain dimeriahkan dengan lomba karnaval budaya, event ini juga menampilkan fashion show Batik Medan hasil kreasi Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani sekaligus launching Tarian Ahoi.

Walikota Medan T Dzulmi Eldin dan Wakil Walikota Medan beserta sejumlah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan ikut menghadiri Festival Pesona Lokal tersebut. Bahkan, Walikota dan Wakil Walikota sempat ikut berjoget bersama dengan 428 penari saat Tarian Ahoi dilaunching.

Tarian yang merupakan hasil kolaborasi seni dan musik Melayu serta gerakan tarian dan olahraga diharapkan dapat mem-booming seperti Tarian Poco Poco dan Tari Gemu Famire. Iringan karnaval budaya yang berlangsung menggambarkan kondisi multikultural Kota Medan mendapat apresiasi dan aplaus meriah dari warga di sepanjang jalan yang dilintasi sepanjang lebih kurang 2,8 km.

Menurut Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriono, Pemko Medan sangat berkepentingan dalam acara ini karena menjadi wadah untuk memperkenalkan seni dan budaya yang ada di Kota Medan. Festival Pesona Lokal ini diperlombakan di 9 kota lainnya di Indonesia seperti Kota Bandung, Solo Raya, Jakarta, Makasar, Malang, Pontianak, Balikpapan, dan Bali. *Inc-03