Kantor KPU Medan. Foto Istimewa

Medan-Intainews.com:KPU Medan kembali menggelar kursus menyangkut pemilu gelombang ke-3 tahun 2018 di Aula RPP lantai dua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan Jalan Kejaksanan, Senin 15 Oktober 2018.

Kursus pemilu gelombang ketiga yang dibuka ketua KPU Medan Agussyah Damanik menghadirkan narasumber dosen FISIP USU Adil Arifin Sos, dihadiri Kabag Teknis Karnomen Purba dan staf ke pagawai se-lingkungan KPU Medan.

Komisioner KPU Medan yang juga devisi partisipasi masyarakat (Parmas), Edy Suhartono, mengungkapkan, kursus gelombang ke-3 pemilu ini, menghadirkan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Dhamawangsa dan Universitas Pancabudi.

“Sayangnya, dari empat perguruan tinggi (PT) tersebut, hanya UISU saja yang mengirimkan mahasiswanya untuk berpartisipasi mengikuti kegiatan tersebut,” kata Edy Suhartono

Selain mahasiswa, kursus pemilu ini juga diikuti oleh kelompok marginal, kelompok masyarakat dan lain-lain. “Dari lima gelombang kursus pemilu yang di selenggarakan KPU Medan, kita menargetkan 100 orang stekeholder yang nantinya bisa menjadi penyelenggara mulai di KPPS dan TPS,” ujarnya.

Dosen Fisip USU Adil Arifin Sos, menjelaskan, pemberian kursus pelatihan bagi stekeholder dinilai sangat positif. Pasalnya dengan pendidikan politik dapat meningkatkan partisipasi warga negara yang semakin kuat sehingga dapat peningkatan partisipasi pemilih. *Inc-11