Pelantikan IWO Samosir dirangkaikan dengan Dialog Publik 'Peran Media Online..'

Samosir-Intainews.com:Pemkab Samosir berkomitmen untuk terus meningkatkan potensi pariwisata yang ada di Danau Toba menuju destinasi witasa dunia. Melaksanakan peningkatan potensi berjuluk kepingan surga itu, Pemkab Samosir akan bergandengan tangan bersama Ikatan Wartawan Online (IWO) Samosir.

Demikian diungkapkan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon pada pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Samosir periode 2018-2023 di Aula Hotel Dainang Pangururan, Selasa 18 September 2018.
Rapidin menekankan, di tengah kecanggihan teknologi informasi saat ini harus diikuti oleh informasi yang berimbang. Sehingga informasi yang didapat menjadi bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di Kabupaten Samosir.

“Sekarang ini dengan kecanggihan teknologi, akses informasi, sudah sangat mudah didapat. Dengan hitungan detik saja, kita sudah bisa mendapatkannya. Namun hal itu harus diikuti oleh kualitas berita yang disampaikan,” ungkap Rapidin.

Bupati mengingatkan, seperti dalam bait mars IWO, yakni melahirkan berita berimbang, dan menjadikan berita bohong atau hoax sebagai musuh. Maka Rapidin mengharapkan agar seluruh unsur Pemkab Samosir dapat meningkatkan sinergisitas dengan para jurnalis umumnya dan IWO Samosir khususnya.

Sementara Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) IWO Sumut, Mei Leandha mengharapkan setelah dilantiknya IWO Samosir, kedepannya dapat melahirkan jurnalis profesional dan mampu menghasilkan produk jurnalistik yang berimbang, kredibel, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sebelumnya, Ketua DPD IWO periode Kabupaten Samosir, Fernando Sitanggang mengatakan hari ini merupakan hari bersejarah bagi Samosir bersamaan dilantiknya IWO. Hadirnya IWO di Samosir, jelasnya, menjadi titik awal lahirnya jurnalis profesional yang ada di negeri kepingan surga ini.

“Kami dari IWO Samosir berterimakasih atas semua pihak yang telah membantu terlaksananya pelantikan ini. Selaku ketua yang diamanahkan, saya berjanji akan mendorong IWO Samosir dalam meningkatkan profesinalitas seluruh anggota IWO Samosir. Dan bersama Pemkab Samosir, kami IWO Samosir akan mendorong pengembangan pariwisata Danau Toba,” ungkap Fernando.

Perhelatan Pelantikan dirangkaikan dengan Dialog Publik yang bertemakan ‘Peran Media Online Mendukung Wisata Danau Toba dan Geopark’. Turut hadir Wakil Bupati Samosir, Kadisbudpar Sumut, Kapolres Samosir, Kajari Samosir, Ketua DPRD Samosir, Direktur KSPPM, serta undangan lainnya. *IWO