Gunungsitoli-Intainews.com:Jumlah pemilih tetap di Kota Gunungsitoli untuk pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 ditetapkan sebanyak 87.320 jiwa. Jumlah tersebut bertambah dari jumlah pada daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara di Kota Gunugsitoli tahun 2018 sebanyak 84.632 jiwa.

DPT ditetapkan pada rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih hasil perbaikan (DPSHP) dan penetapan DPT Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli di Restaurant Grand Kartika, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Selasa 21 Agustud 2018.

Pada rapat pleno (foto) yang dihadiri perwakilan Forkopimda, Bawaslu dan Partai Politik, Ketua KPU Kota Gunungsitoli Sokhiatulo Harefa,S.Ip mengatakan pengimputan data pemilih membutuhkan proses.

“Kondisi yang kita alami tergantung dengan keadaan signal dan jaringan, sehingga pengimputan data pemilih akan membutuhkan proses,” terangnya.
Dia memberitahu, pelaksanaan rapat pleno berdasarkan PKPU nomor 5 tahun 2018 dimana penetapan DPT tingkat Kabupaten/Kota dilaksanakan selambat lambatnya tanggal 21 Agustus 2018.

Sebelumnya Kepala Kesbangpol Kota Gunungsitoli Firman Lase mewakili Wali Kota Gunungsitoli mengakui jika apa yang telah dilaksanakan KPU Kota Gunungsitoli sudah berjalan dengan baik.

Hal tersebut berhasil berkat informasi yang jelas dari masyarakat, sehingga pemerintah tidak dibuat pusing.Kakankesbangpol berharap rapat pleno dapat diikuti dengan baik oleh para peserta.

Untuk diketahui, pada rapat pleno ditetapkan jika pemilih di Kota Gunungsitoli pada tahun 2019 berjumlah sebanyak 87.320 jiwa. Dengan rincian pemilih di Kecamatan Gunungsitoli Selatan berjumlah sebanyak 9.603 jiwa, di Kecamatan Gunungsitoli Utara berjumlah 11.782 jiwa.

Pemilih di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi berjumlah 16.517 jiwa, pemilih di Kecamatan Gunungsitoli Alo,oa berjumlah 4.883 jiwa. Sedangkan pemilih di Kecamatan Gunungsitoli Barat berjumlah sebanyak 5.694 jiwa dan pemilih di Kecamatan Gunungsitoli berjumlah sebanyak 38.841 jiwa. *Inc-12