Menyambut Idul Fitri 1441 H pedagang daging meugang di Abdya berjualan dipingir jalan Nasional.foto/Ist.

Abdya-Intainews.com : Hari meugang menyambut hari Raya Idul Fitri 1441 H kegiatan jual beli daging di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) cenderung berbeda dengan tahun lalu. Jumat (22/5/2020).

Basri (45), penjual daging meugang warga gampong (Desa) Keude Paya Kecamatan Blangpidie mengatakan, harga daging meugang idul fitri sama dengan harga daging meugang saat menyambut bulan puasa Tahun lalu.

“Hari ini kami menyembelih satu ekor Kerbau dijual harga Rp.180.000 perkilo, tambah harga tulang 80.000 dan harga kulit sekitar 20.000 perkilo gram, walaupun ditengah pandemi Covid-19, pembeli daging tetap ramai, dan tinggal sedikit lagi yang lain Insya Allah sudah habis terjual.” sebut Basri.

Lanjut Basri, yang menjadi perbedaan,hari meugang tahun lalu penyembelihan hewan ternak semua dilakukan ditempat pemotongan disungai krueng beukah gampong kedai siblah Kecamatan Blangpidie.

“Kali ini pemotongan daging hewan ternak seperti Kerbau dan Sapi dilaksanakan di gampong (Desa) masing-masing.
kemudian dijual terpisah dipinggir jalan, kebijakan itu dilakukan untuk pencegahan Covid-19 yang sekarang mewabah,” Pungkasnya.

Sementara itu, Muktar salah seorang pembeli daging meugang menyebutkan dilaksanakan penyembelihan seperti ini selain mencegah penularan Covid-19 kita juga tidak perlu berdesak-desakan untuk membeli daging seperti biasanya. Ucapnya.

Seperti yang telah diberitakan, Kepala Bagian Kominfo, Humas dan Protokol Setdakab Abdya Mawardi, SH, Senin 18/5 mengatakan, himbauan tersebut sifatnya juga sama seperti yang dilakukan Pemkab Abdya pada saat meugang sehari menyambut puasa Ramadhan Rahun lalu.

Dalam surat himbauan nomor : 450/535/2020 tertanggal 18 Mei 2020 tentang pelaksanaan meugang Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2020 mendatang.Inc-MS.