Bupati Abdya menerima bantuan Masker dari Pengusaha Jahit di Abdya.foto/Ist.

Blangpidie-Intainews.com: Dalam rangka pencegahan dan meminimalisir penyebaran Covid-19, Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim SH mengajak seluruh Kepala Desa gunakan anggaran Desa untuk menjahit masker.

Hal itu dikatakan Bupati Akmal Ibrahim saat duduk bersama Wartawan di Pendopo Bupati setempat yang juga turut hadir Wakil Bupati Abdya Muslizar MT, Sekda Abdya Drs. Thamrin, Dandim 0110 Abdya Letkol Czi M Ridha Has dan Ketua DPRK Abdya Nurdianto. Senin, (20/04/2020).

Menurutnya, kelangkaan masker dan mahalnya harga masker di pasaran saat ini menimbulkan ide kreatif untuk membuat masker dengan menjahit sendiri yang dikerjakan oleh masyarakat menggunakan dana desa. “Dana Desa boleh digunakan untuk menjahit masker dan dibagikan untuk desa nya saja,”katanya.

Pada kesempatan itu, Akmal juga mengingatkan untuk kegiatan yang sifatnya mengundang keramaian agar ditunda dulu dan setiap desa wajib menggunakan masker, tabung cuci tangan dan hand sanitizer disaat bulan puasa,”Begitu juga masker yang telah dibagikan untuk dipakai ketika keluar rumah sesuai instruksi Pemerintah,”tegasnya.

Selain itu, Akmal juga mengatakan pada bulan puasa ini masjid di Abdya tidak akan ditutup, proses beribah selama puasa tetap dijalankan, namun harus mengikuti prosedur kesehatan terkait COVID 19,”Kemasjid harus pake masker dan dilakukan pengecekan suhu tubuh,”ujarnya.Inc-MS