Geger vedeo yang tersebar luas di dunia maya tentang kunjungan Presiden China Xi Jinping ke masjid minta doa umat islam dalam beberapa hari terakhir dan menjadi pembicaraan masyarakat luas,

Berkaitan dengan itu, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indoinesia .memberi pelurusan.

Diunggah sebuah video oleh salah satu akun Facebook, video tersebut memperlihatkan Presiden China Xi Jinping sedang berada di sebuah masjid dan dikelilingi umat muslim.

Pada unggahan video dituliskan narasi yang mengklaim bahwa Xi Jinping sedang melakukan kunjungan ke sebuah masjid untuk meminta umat muslim mendoakan negara China yang sedang mengalami krisis akibat virus corona.

Faktanya setelah ditelusuri diketahui bahwa video tersebut merupakan video lama, tepatnya pada saat kunjungan Xi Jinping ke Masjid Xincheng di Yinchuan, ibu kota Wilayah Otonomi Ningxia Hui pada 19 Juli 2016.

Adapun maksud kunjungan tersebut adalah mengajak warga muslim China untuk mempromosikan harmoni sosial dan menolak penyusup agama, dan bukan dalam rangka meminta doa umat muslim China terkait krisis akibat virus corona sedang terjadi.Inc-Int.